Contoh Membuat Analisis SWOT, Pengertian dan Manfaat

Contoh Membuat Analisis SWOT, Pengertian dan Manfaat - Analisis atau analisa SWOT bagi sebuah perusahaan sangat penting. Oleh karena bisa digunakan untuk mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan, kelebihan, dan segala macamnya. Selain itu bisa juga digunakan oleh orang-orang yang ingin mengevaluasi segala kelebihan dan kekurangan dirinya sendiri. Jika Anda belum paham akan apa maksudnya maka lihat artikel ini yang akan membahas mengenai contoh membuat analisis SWOT juga pembahasan mengenai manfaat dan pengertiannya.

Teori analisis ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan berasal dari sebuah hasil riset yang dilakukan di Universitas Standford. Hingga akhirnya kini menjadi sebuah kegiatan mutlak untuk mengembangkan potensi perusahaan. Jika hanya pengertiannya mungkin Anda sudah tahu tapi contoh membuat analisis SWOT juga perlu Anda tahu. Pembahasannya ada di bawah ini.



Sebelum sampai kepada contoh analisis SWOT, akan dibahas dulu mengenai pengertian dan manfaatnya.

Secara arti sederhana, SWOT adalah singkatan dari empat buah kata dalam bahasa Inggris. Yaitu Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats. Keempat kata ini memiliki maksudnya masing-masing dan satu sama lainnya saling berhubungan erat dan penting.

Strenght yang artinya kekuatan menunjukkan beberapa kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan mengetahui kelebihan maka perusahaan jadi bisa memprediksi bagaimana kesuksesan mereka nantinya jika bersaing dengan perusahaan serupa. Dengan mengetahui kekuatan pastinya perusahaan jadi bisa lebih mudah untuk menentukan cara mereka bersaing dengan perusahaan yang lainnya.  

Jika membuat laporannya contoh hal yang bisa dimasukkan ke dalam kekuatan adalah kualitas, jumlah produk, jumlah cabang, sumber daya manusia, prestasi, teknologi, dan lain sebagainya yang bisa membuat perusahaan berkembang.

Weakness atau kekurangan bisa menjadi patokan pengembangan perusahaan. Dengan mengetahui kekurangan yang dimiliki maka perusahaan jadi bisa memikirkan bagaimana cara mengembangkan kekurangan ini jadi sebuah kelebihan. Dengan mengetahui weakness sebuah perusahaan bisa dijadikan bahan instropeksi diri supaya bisa lebih memaksimalkan pelayanan dan kinerja.

Opportunities adalah kesempatan. Dengan mengetahui kesempatan maka perusahaan jadi bisa menyiapkan lebih banyak hal sebelum masuk dalam persaingan. Lalu Threats adalah ancaman dari perusahaan lain. Dengan mengetahui berbagai ancaman yang mungkin akan dirasakan perusahaan maka mereka jadi bisa lebih mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang ada.

Sebelum ke contoh membuat analisis SWOT Anda harus tahu apa saja hal yang dapat memengaruhi analisis SWOT. Hal yang mempengaruhi analisis SWOT tentu saja daftar-daftar hal dalam empat kategori ini. Faktor internal bisa berpengaruh kepada Strenghts dan Weakness sedangkan faktor eksternal adalah untuk Opportunities dan Threats.

Bagian dari faktor internal antara lain keuangan, sumber daya, kelemahan dan kelebihan internal milik organisasi, dan pengalamannya. Sedangkan bagian dari faktor eksternal adalah sumber modal, tren, perekonomian, perkembangan teknologi, lingkungan, dan peristiwa yang terjadi.

Jadi jika berbicara mengenai manfaat, analisa SWOT memiliki manfaat untuk membantu perusahaan dalam menganalisa berbagai situasi yang sedang dihadapi. Metode ini pun bisa memberikan jawaban yang pasti sehingga bisa menciptakan solusi. Perusahaan jadi bisa menghalau segala kemungkinan yang akan membuat mereka bangkrut, kalah tender, kalah saing, dan lain sebagainya.

Selain itu bisa membantu perusahaan dalam meraih visi misi untuk masa depannya dengan lebih pasti. Sekarang Anda sudah mengerti mengenai analisis SWOT kan? Jika hanya pembahasan ini maka rasanya tidak akan lengkap karena Anda perlu tahu juga cara membuatnya. Di bawah ini ada contoh analisis SWOT pada sebuah perusahaan manufakture. Kira-kira seperti apa analisis SWOT-nya? Langsung saja lihat di bawah ini.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menemukan Supplier untuk Usaha Warung Sembako

Contoh Analisis SWOT PT. Honda

Inilah contoh penulisan analisis SWOT untuk perusahaan ini. Namanya tidak akan disamakan dengan perusahaan aslinya dan isinya hanya ilustrasi saja.
Strength

Kekuatan yang menjadi modal dasar pengembangan perusahaan supaya bisa bersaing dengan perusahaan yang lain:
  • Oleh karena perusahaannya besar maka memiliki hasil produksi yang banyak sekali.
  • Sudah diketahui oleh dunia internasional sehingga pastinya kualitasnya baik dan dipercaya masyarakat.
  • Banyak penghargaan akan kinerja yang baik dan pengalamannya di dunia otomotif. Juga sudah sangat terkenal.
  • Spare Part. Mudah ditemukan karena ada banyak sekali cabang resminya.
Weakness
Kekurangan ini bisa dijadikan motivasi perusahaan untuk semakin memperbaiki kinerjanya.
  • Produk Premium. Memiliki banyak produk premium dengan harga mahal sehingga kurang diminti.
  • Suku Cadang KW. Banyak yang memalsukan suku cadang dari PT. Honda sehingga konsumen akan tertipu dan mendapatkan kerugian.
Opportunities

Peluang yang bisa didapatkan perusahaan di dalam persaingan pasar otomotif Indonesia.
  • Ekspansi Ekspor. Produksi PT Honda bisa diekspor ke negara lain sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak.
  • Jumlah Konsumen. Banyak sekali jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia sehingga pasti akan membuat banyak orang yang membeli produk Honda.
Threat

Ancaman-ancaman yang mungkin akan terjadi dan berpengaruh kepada karier PT Honda.
  • Krisis Global. Krisis ekonomi bisa datang kapan saja sehingga menyebabkan daya beli produk Honda berkurang.
  • Produsen Lain. Ada banyak produsen otomotif kendaraan beroda dua yang juga sangat dikenal dan memiliki produk bagus.
  • Uang Muka Kredit. Harga uang muka kredit Honda masih sangat tinggi dibandingkan produsen yang lain.
Baca juga: Kiat-kiat Khusus Dalam Memulai Usaha Grosir Sembako

Demikianlah bagaimana contoh membuat analisis SWOT dan pembahasan mengenai manfaat, dan pengertiannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.