Begini 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Begini 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis - Banyak orang yang tertarik menggeluti dunia bisnis atau usaha karena keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar. Namun ada beberapa kendala yang kadang membuat mereka mengurungkan niatnya, salah satunya adalah masalah modal. Untuk membentuk sebuah usaha tentunya perlu modal yang lumayan. Banyak orang yang akhirnya bingung bagaimana caranya mendapatkan modal. Jika Anda sedang mengalami masalah ini maka bisa lihat pembahasan 10 cara mendapatkan modal usaha gratis di artikel ini.

Cara paling mudah mendapatkan pinjaman modal adalah dari rekan atau keluarga. Namun memang kadang kita tidak mendapatkannya karena beberapa alasan. Selain cara tersebut sebenarnya masih ada banyak cara lain supaya Anda bisa mendapatkan modal usaha yang bahkan gratis tanpa bunga dan lain sebagainya. Bagaimana caranya? Jawabannya ada di pembahasan 10 cara mendapatkan modal usaha gratis di bawah ini.



Untuk mendapatkan modal usaha secara gratis sebenarnya lumayan mudah karena syarat dan ketentuannya biasanya tidak terlalu sulit. Namun banyak yang belum tahu harus kemana untuk meminjam modal tersebut. Nah, berikut ini ada daftar tempat untuk dapatkan modal usaha. Langsung saja.

1. Program Pelatihan Usaha Pemerintah

Beberapa daerah di Indonesia telah mencanangkan program ini yang akan membuat pesertanya bisa mendapatkan bantuan modal sampai dengan 25 juta rupiah. Namun, sebelum mendapatkannya para peserta harus mengikuti program pelatihan bisnis dulu. Nah, bagi yang lulus akan langsung diberi modal untuk jualan.

Program ini biasanya dilakukan satu tahun sekali dan langsung diadakan oleh beberapa lembaga pemerintahan. Antara lain Kementerian Koperasi dan UKM, Dinas Sosial, Kementerian Tenaga Kerja, dan masih banyak lagi.

2. Program Crowdfunding

Ini adalah program swasta yang biasanya diadakan di beberapa website. Program ini memiliki tujuan memberikan uang kepada seseorang yang akan membuat usaha. Jadi ada banyak orang yang akan menyumbang di program ini sehingga bisa diberikan kepada yang membutuhkan modal usaha. Jadi semacam penggalangan dana secara online. Salah satu website yang memiliki program ini adalah kitabisa.com.

3. Angel Investor

Pasti banyak yang belum mendengar istilah ini. Angel investor adalah seseorang yang memiliki modal atau uang yang sangat banyak. Dia yang bersedia membantu Anda meminjamkan modal secara gratis disebut dengan angel investor. Contohnya saja adalah rekan, teman, mantan atasan, atau siapa saja yang kenal dengan Anda dan memiliki banyak uang untuk membantu.

4. Koperasi Usaha

Salah satu dari 10 cara mendapatkan modal usaha gratis lainnya adalah dengan membuka usaha yang bekerjasama dengan koperasi usaha. Anda bisa menawarkan diri ke koperasi sehingga akan menjadi salah satu unit usaha koperasi. Anda hanya perlu membuat proposal, mempromosikan diri, dan meyakinkan mereka bahwa usaha Anda bisa membantu perkembangan koperasi juga.

5. Usaha dengan Partner

Anda bisa memanfaatkan bantuan teman atau orang yang Anda kenal untuk memulai usaha bersama. Cari orang yang memiliki misi yang sama dengan Anda, yaitu dalam hal usaha. Lalu orang-orang yang jadi partner Anda dan Anda sendiri bisa saling berbagi modal sehingga menghasilkan usaha dengan modal lumayan banyak.

Cara ini lumayan ampuh untuk membantu Anda dapatkan modal tapi memang nanti hasilnya harus dibagi rata dengan partner Anda yang lain.

6. Rekrut Mitra Grab

Ini salah satu cara mendapatkan modal yang lumayan bagus dan akan membuat Anda mendapatkan uang lumayan banyak. Sehingga nantinya bisa dikumpulkan sebagai modal. Jika Anda merekrut banyak orang menjadi mitra Grab apalagi Grabcar maka Anda akan dapat komisi sampai dengan 350 ribu rupiah. Mendapatkan modal bisa dari mana saja bukan?

Baca juga: Daftar Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan 2018

7. Tabungan

Tabungan sangat berguna bagi Anda yang sedang butuh modal. Maka dari itu penting melakukan hal ini untuk berjaga-jaga. Apabila masih belum bisa mendapatkan pinjaman modal dari orang lain maka gunakan saja tabungan yang ada. Jangan takut rugi karena justru jika uang hanya disimpan dalam tabungan saja maka akan rugi karena pastinya terus berkurang karena potongan bank. Jika digunakan untuk usaha maka akan terus mengalir uangnya.

8. Beasiswa

Ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan modal usaha Anda. Uang beasiswa yang Anda dapatkan bisa digunakan separuhnya untuk modal awal membuka usaha, nanti pastinya uang Anda akan semakin banyak jika memang usahanya sukses.

9. Memulai Bisnis Tanpa Modal

Sebelum memiliki usaha dengan modal sendiri, Anda dapat melakukan bisnis tanpa modal dulu. Selanjutnya uang dari penjualan bisnis tanpa modal ini Anda bisa gunakan sebagai modal usaha baru yang lebih besar nanti. Memang akan lumayan lama untuk mendapatkan uangnya tapi pasti akan berhasil memberikan modal untuk usaha Anda.

10. Lakukan Pembelian Kredit

Ada banyak perusahaan pembiayaan yang akan memberikan modal kepada Anda. Caranya adalah Anda hanya perlu memberikan uang muka kepada perusahaan tersebut lalu selanjutnya bayarkan sisanya secara menyicil sambil Anda melakukan usaha. Nah, dengan begitu Anda bisa secepatnya menjalankan usaha dengan modal yang bisa dibilang gratis.

Baca juga: Perkiraan Modal Usaha Cuci Motor dan Mobil

Demikianlah 10 cara mendapatkan modal usaha gratis yang bisa coba Anda lakukan. Bagaimana dengan pembahasan tersebut? Apakah ada salah satunya yang ingin Anda coba?