Contoh Proposal Sponsorship Kegiatan dan Cara Membuat

Contoh Proposal Sponsorship Kegiatan dan Cara Membuat - Terkadang kegiatan yang dilakukan tidak bisa berjalan karena beberapa hambatan, salah satunya adalah biaya. Oleh karena itu sering penyelenggara acara yang membuat proposal sponsorship untuk mendapatkan bantuan biaya atau dana. Dengan membuat proposal pembuat acara yang kekurangan dana bisa mendapatkan sponsor yang akan membantu. Jika Anda belum bisa membuat proposalnya maka bisa membaca artikel contoh proposal sponsorshop kegiatannya di artikel ini.

Setiap ada sebuah kegiatan apalagi yang skalanya besar sangat diperlukan adanya sponsor. Oleh karena mereka bisa memberikan bantuan dana sehingga acara dapat berjalan. Sebenarnya ada banyak sekali perusahaan atau perorangan yang ingin menjadi sponsor tapi untuk mendapatkan bantuannya Anda butuh memberikan proposal kepada mereka. Bagi yang masih bingung cara membuat proposalnya, bisa lihat contoh proposal sponsorshop kegiatan dan cara membuat di bawah ini.



Sebelum membahas tentang proposal sponsorship, Anda harus tahu dulu apa saja jenis sponsor yang bisa Anda minta bantuan. Dalam kategorinya hanya terbagi menjadi 2, yaitu sponsor tunggal dan non tunggal. Maksud dari sponsor tunggal adalah satu-satunya pihak yang akan membiayai kegiatan sebanyak 100 persen.

Sedangkan untuk non tunggal terdiri atas sponsor utama, madya, dan partisipan. Sponsor utama memberikan bantuan paling besar, sponsor madya lebih kecil dari sponsor utama, dan partisipan hanya memberikan sedikit dana. Nah, sekarang mari lihat cara membuat proposalnya.

Proposal untuk mengajukan bantuan dana sponsor harus dibuat dengan sebaik mungkin dan dipikirkan matang-matang. Oleh karena harus bisa mendapatkan kepercayaan dari pihak yang diminta bantuan. Contoh proposal sponsorshop kegiatan yang bagus adalah yang format penulisannya benar. Semuanya harus terstruktur dengan baik, berikut ini format proposal yang baik untuk sponsorship dari awal sampai akhir.
  1. Di setiap pembuatan proposal, makalah, atau apa pun itu di halam pertama selalu ditulis Judul dan informasi tambahan lainnya. Untuk mendapatkan bantuan sponsor maka buat judul yang merepresentasikan tujuan pembuatan proposal Anda. Misalnya beri judul dengan “Proposal Sponsorship Penyelenggaraan Konser Amal”, dan judul lainnya terserah Anda.
  2. Halaman kedua tulis Latar Belakang. Isinya adalah alasan terselenggaranya acara tersebut. Pastikan bahwa acaranya penting sehingga sponsor mau meminjamkan dananya untuk Anda. Untuk menulis latar belakang dibagi jadi tiga bagian atau sub judul, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Akan lebih baik jika melakukan penulisan umum ke khusus.
  3. Selanjutnya adalah tuliskan Tujuan Kegiatan. Isinya adalah pembahasan mengenai apa yang ingin didapatkan dari terselenggaranya acara tersebut atau untuk apa kegiatannya harus dilaksanakan.
  4. Lalu tulis tema dan nama kegiatannya. Contoh nama kegiatan adalah “Konser Semangat Pemuda Nasional 2018” sedangkan tema kegiatannya “Dengan musik, kibarkan semangat pemuda Indonesia”.
  5. Kemudian isi selanjutnya tuliskan Bentuk Kegiatan yang isinya adalah rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam acara tersebut. Berikan rincian acaranya secara berurutan seperti rundown acara, dituliskan dengan poin-poin.
  6. Kemudian tulis Peserta yang isinya adalah perkiraan peserta yang akan mengunjungi kegiatannya atau mungkin berpartisipasi dalam rangkaian acara. Misalnya jika ada perlombaan.
  7. Lalu tuliskan Penyelenggara, yaitu orang yang melaksanakan kegiatannya. Jika ada berikan kontak juga supaya pihak sponsor bisa menghubungi jika memang mengabulkan permohonan pinjaman dana Anda.
  8. Selanjutnya tuliskan juga susunan panitia, susunan kegiatan, jadwal dan lokasiny.
  9. Sesudah itu terakhir isi dengan Penutup yang isinya adalah ucapan terima kasih kepada calon sponsor juga kesimpulan dari kegiatannya dan tujuan proposalnya.
  10. Kemudian di bagian paling akhir isi dengan penawaran kerjasama supaya bisa diisi oleh calon sponsor nanti jika menyetujui.
Baca juga: Begini 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Gratis

Itu dia bagaimana cara membuat dan contoh proposalnya. Sekarang Anda hanya perlu mengikuti susunan tersebut dan isi sesuai dengan kegiatan sebenarnya.

Selain susunan proposalnya, Anda masih perlu memperhatikan banyak hal dalam membuatnya. Jika kurang atau justru lebih akan membuat proposalnya jadi tidak bagus dan bahkan bisa tidak menggerakan hati pihak calon sponsornya. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan antara lain.
  • Supaya kesempatan diterima lebih besar maka Anda harus bisa meyakinkan calon sponsor dengan cara menonjolkan keunggulan dari kegiatan yang akan Anda lakukan. Sebuah sponsor pasti ingin produk yang dimilikinya dapat lebih dikenal masyarakat maka Anda harus bisa membawa atau membuat banyak pengunjung tertarik. Oleh karena mereka akan mempertimbangkan memberi bantuan jika memang bisa menarik banyak pengunjung. Semakin banyak maka kemungkinan diterimanya proposal akan semakin banyak.
  • Buat proposal menggunakan bahasa yang lugas, jelas, dan baku. Sampaikan rencana kegiatan dengan tegas dan jangan bertele-tele. Oleh karena nanti sponsor akan malas membaca kelanjutan proposal Anda dan pada akhirnya disimpan saja karena kurang menarik.
  • Jangan terlalu muluk-muluk dalam meyakinkan sponsor, misalnya dalam hal penghitungan dana atau jumlah pengunjung. Jangan terlalu dibesar-besarkan tapi harus disesuaikan dengan fakta yang ada dan perkiraan yang telah matang. Hal ini akan memengaruhi pertimbangan dari calon sponsor.
  • Tentukan bentuk kerjasama karena jenis atau model sponsorship ada banyak. Ada sponsor yang akan membantu jika Anda sebagai penyelenggara harus bisa menjual produk dalam jumlah tertentu milik sponsor. Ada juga yang hanya menyutuh Anda memasang bendera dan banner untuk dijadikan alat promosi.
Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh Anda dalam membuat proposal.

Baca juga: Cara Promosi Produk Secara Online Agar Jualan Laku Keras

Demikianlah contoh proposal sponsorship kegiatan dan cara membuat proposalnya. Semoga membantu Anda yang sedang mencari informasinya.