Contoh Proposal UKM (Usaha Kecil Menengah) yang Benar

Contoh Proposal UKM (Usaha Kecil Menengah)yang Benar - Usaha yang sukses tidak harus didirikan dengan modal yang besar karena bisnis atau usaha kecil menengah juga sudah bisa memberikan keuntungan yang besar bagi pelakunya. Bahkan menjadi termasuk penggerak ekonomi untuk Indonesia yang paling memberikan dampak. Oleh karena itu ada banyak orang kelas menengah ke bawah yang ingin mencoba melakukan bisnis ini. Sayangnya ketersediaan modal menjadi kendalanya. Namun untungnya mereka bisa meminta bantuan dari pemerintah atau investor lain dengan lebih dulu membuat proposal. Artikel ini akan membahas contoh proposal UKM (Usaha Kecil Menengah) yang benar.

Salah satu tujuan pembuatan proposal bisnis adalah untuk mengeluarkan ide dari pelaku usaha tersebut kepada investor yang bisa membantu permodalan usaha mereka. Supaya bisa meyakinkan dan pihak investor tertarik untuk membantu peminjaman modal kepada Anda maka harus dibuat proposal yang benar. Jika Anda ingin melihat contoh proposal UKM (Usaha Kecil Menengah) maka bisa melihat pembahasannya di bawah ini.



Contoh yang akan dituliskan di sini tidak akan lengkap dari awal sampai akhir tapi hanya akan menyampaikan poin-poinnya yang harus Anda tuliskan di dalam proposal.

Penulisan Proposal UKM

Pada bagian pertama atau halaman pertama proposal Anda harus menuliskan judul proposal usaha yang akan dilakukan, lalu dilengkapi dengan logo jika ada, menyebutkan nama pembuat usaha, dan alamatnya.
Untuk penulisan judulnya harus dibuat semenarik mungkin agar pembacanya nanti akan penasaran dengan isinya sehingga akan lebih tertarik. Lalu kesempatan untuk menerima proposal Anda akan semakin besar.

Kemudian tuliskan deskripsi usaha yang akan dibuat dengan sangat jelas. Maka dari itu, sebelum membuat proposal Anda harus sudah tahu apa yang akan dituliskan dengan memikirkan dia dulu secara matang. Dengan deskripsi yang jelas akan membuat proposal lebih mudah untuk diterima.

Untuk halaman selanjutnya Anda harus menuliskan latar belakang dari usaha yang akan dijalankan. Di dalam pembahasan ini jika Anda akan membuat bisnis makanan maka bisa dikaitkan dengan latar belakang daerah Anda atau latar belakang kepopuleran dari makanan ini.

Sesudah itu akan lebih baik jika menuliskan visi dan misi usaha Anda.

Kemudian tuliskan nama produk yang akan dijual supaya usaha ini memiliki hak patennya dan dapat memikat hati banyak masyarakat. Maka dari itu sebelum membuat bisnis dan proposalnya Anda harus sudah menyiapkan nama unik untuk produk dari usaha yang akan Anda lakukan. 

Selanjutnya tuliskan tujuan dari usaha ini atau program yang akan Anda jalankan. Jika tujuan proposal ini adalah untuk mendapatkan bantuan modal maka tuliskan tujuannya dengan " untuk mendapatkan bantuan modal" dan tujuan-tujuan lainnya jika ada. Lalu tuliskan gambaran umum dari rencana usahanya, aspek pemasaran, strategi pemasaran, dan rincian biaya yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan usaha.

Penulisan anggaran biaya di dalam proposal UKM atau proposal bisnis lainnya sangat penting bahkan yang paling penting. Oleh karena tujuan utama dari pembuatan proposal adalah untuk mendapatkan bantuan modal sehingga harus memiliki anggaran biaya yang pasti supaya dapat dipertimbangkan dengan lebih baik.


Anggaran biaya bisa menjadi gambaran keberhasilan usaha karena bisa menentukan harga jual, dan keuntungan yang bisa didapatkan. Untuk pembuatan anggaran biaya harus dilakukan dengan real, artinya harus memasukkan harga yang tepat dan masuk akal. Jangan dilebih-lebihkan tapi harus benar-benar pas dan sesuai dengan harga sebenarnya dari bahan-bahan produksi, biaya promosi, dan lain sebagainya.

Itu dia sedikit contoh proposal UKM (Usaha Kecil Menengah) yang benar. Supaya kesempatan mendapatkan bantuan semakin besar maka Anda bisa mengajukan beberapa proposal ke beberapa investor atau orang yang akan Anda minta untuk meminjamkan modal kepada Anda.

Inti dari pembuatan proposal yang baik adalah menggunakan penulisan yang baik juga. Oleh karena hal ini bisa menjadi nilai tambah sehingga kemungkinan untuk diterimanya akan lebih besar. Jangan hanya memikirkan isinya saja tapi juga penempatan huruf besar kecilnya, sampai tata letaknya.

Setelah proposal diterima, selanjutnya Anda harus mengetahui banyak faktor yang bisa membuat usaha Anda sukses. Selain supaya bisa mengembalikan pinjaman modal juga supaya bisnis yang Anda lakukan tidak sia-sia, dan memberikan keuntungan yang banyak.

Salah satu faktor penentu kesuksesan UKM adalah Anda mempunyai business plan atau rancangan bisnis yang sangat jelas. Sayangnya banyak pebisnis pemula yang tidak memperhatikan hal ini sehingga jika bisnis yang sudah besar akan mengalami banyak kendala.

Akan tetapi memang untuk UKM tidak perlu yang terlalu detail karena hal-hal yang akan dihadapi tidak akan sebesar jika menggunakan modal yang sangat banyak dan skala bisnisnya sudah sangat besar juga.
Setidaknya Anda sudah tahu visi misi yang akan diemban, rencana pendek, dan rencana produksi yang akan dilakukan.

Hal penting lainnya untuk menyukseskan UKM adalah Anda memiliki strategic plan, contohnya strategi untuk memasarkan produk. Jika tidak ada perencanaan strategi maka bisa membuat usaha Anda tidak akan berkembang dan tidak bisa mengalahkan kompetitor lainnya.



Demikianlah pembahasan mengenai contoh proposal UKM (Usaha Kecil Menengah) yang benar dan sedikit pembahasan mengenai cara supaya UKM sukses.