Contoh Usaha Kecil Menengah yang Sukses dan Menguntungkan

Contoh Usaha Kecil Menengah yang Sukses danMenguntungkan - Usaha kecil tidak berarti tidak bisa memberikan untung yang banyak. Justru ada banyak sekali pengusaha kecil yang berhasil mendapatkan kekayaan dari usahanya tersebut. Di Indonesia sudah ada banyak sekali contoh bisnis kelas menengah yang sangat sukses. Ingin tahu apa saja? Artikel ini akan membahas contoh usaha kecil menengah yang sukses dan menguntungkan.

Usaha kecil menengah atau UKM di Indonesia jumlahnya ada sangat banyak sehingga menyumbangkan 60 persen PDB. Oleh karena peluang usahanya sangat baik dan jenis usahanya banyak maka pemerintah sangat memperhatikan para pengusahanya dengan memberikan pinjaman modal, pelatihan, dan masih banyak lagi. Apabila Anda sedang ingin memiliki usaha kecil menengah mungkin butuh contoh usaha kecil menengah yang sukses maka lihat pembahasannya di bawah ini.



Apabila Anda ingin melakukan UKM maka harus bisa benar dalam memilih bidang apa yang akan digeluti. Lebih baik jika Anda memilih usaha yang marketnya besar sehingga keuntungan yang didapatkan akan maksimal. Beberapa jenis UKM yang paling bagus adalah di beberapa bidang seperti berikut.

1. Bidang Internet

Berbisnis di bidang internet termasuk menjanjikan karena semakin lama perkembangannya akan semakin baik. Bisnis digital menjadi pilihan banyak orang yang memiliki kemampuan maupun pemula. Bagi yang memiliki kemampuan membuat program atau website bisa menjadikan ini usaha yang lumayan. Setiap membuat website pasti bayarannya akan lumayan besar.

Selain itu Anda bisa membuat berbagai aplikasi kemudian disimpan di Play Store sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan darinya. Selain itu, jika Anda tidak bisa sesuatu yang rumit maka mulai saja hal lainnya. Seperti berjualan di situs e-commerce, membuat website untuk artikel, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika Anda membuat website maka bisa memasukkan iklan di dalamnya sehingga Anda akan mendapatkan penghasilan yang besar. Selain itu, jika Anda membuat video Youtube original juga bisa memasang iklan dan mendapatkan uang.

Jadi UKM di bidang internet atau teknologi termasuk contoh yang bisa membuat sukses dan menguntungkan.

2. Bidang Otomotif

Apabila Anda punya hobi atau suka dengan bidang otomotif maka bisa menjadikannya sebagai salah satu usaha. Anda bisa membuat toko yang menjual berbagai spare part motor, menjual helm, jasa cuci kendaraan, menjual perlengkapan berkendara, atau membuka bengkel. Usaha ini termasuk contoh usaha kecil menengah yang sukses karena ada banyak sekali pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

3. Bidang Fashion

Sampai kapan pun bisnis di industri fashion selalu ada karena termasuk kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan. Ada banyak sekali contoh usaha di bidang fashion, bukan hanya menjual pakaian. Jika membuka usaha di bidang fashion Anda bisa menjual busana muslim, kerudung, aksesoris wanita, sepatu, pakaian anak-anak, pakaian pria, kebaya, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Jika Anda ingin yang menguntungkan maka saat ini yang tepat adalah menjual busana muslim, dan kerudungnya.

4. Bidang Kuliner

Selain bidang fashion yang tidak akan pernah habis masanya di industri, kuliner juga begitu. Tentu saja karena semua orang membutuhkan makanan. Jika Anda ingin berbisnis UKM di bidang makanan maka ada banyak sekali pilihannya. UKM makanan paling menjanjikan untuk saat ini adalah makanan-makanan modifikasi dari yang sudah ada atau disebut dengan makanan kekinian.

Ada banyak sekali contoh usaha kecil menengah dalam bidang kuliner. Beberapa contoh usaha makanan yang kini sangat populer dan memiliki banyak cabang adalah Es Teler 77, Keripik Maicih, Pecel Lele Lela, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Bisa dibilang, berbisnis di bidang makanan ini adalah yang paling aman dan menjanjikan untuk sukses.

Selain jenis UKM berdasarkan bidang ini, masih ada banyak contoh usaha kecil menengah yang bisa sukses. Anda tidak perlu modal yang besar. Daftarnya ada di bawah ini.

  • Membuka Usaha Musiman
Contoh usaha musiman adalah menjual makanan berbuka puasa pada saat bulan Ramadhan, jualan kado atau souvenir ketika Valentine, berjualan parsel ketika akan lebaran, berjualan terompet saat akan tahun baru, dan masih banyak lagi. Meski hanya bisa dilakukan pada musim tertentu dan tidak bertahan lama tapi potensinya besar sekali.
  • Warung Kopi Sederhana
Meski coffe shop seringnya berbentuk cafe yang pastinya modalnya lumayan besar, tapi masih banyak juga orang yang tertarik untuk mengunjungi warung kopi sederhana. Oleh karena mereka lebih mementingkan kebersamaan dan suasana santai dengan para rekannya. Maka dari itu Anda bisa mencoba buka usaha ini. Kesuksesannya bisa lumayan jika Anda membukanya di tempat yang strategis dan memang banyak orang lewat.

  • Jualan Sayur Keliling
Keuntungan dengan berjualan sayur keliling lumayan besar karena pastinya selalu banyak pembelinya. Apalagi jika yang dijual sangat lengkap. Dengan menjajakan jualan berkeliling akan membuat banyak pembeli merasa senang karena tidak perlu pergi jauh untuk membelinya maka dari itu akan ada banyak pelanggan yang loyal. Supaya untungnya lebih besar maka lebih baik langsung membeli pada petani karena Anda bisa membelinya dengan harga murah dan menjualnya lebih mahal. 


Demikianlah pembahasan mengenai contoh usaha kecil menengah yang sukses. Apakah ada salah satunya yang Anda ingin coba?
·