Peluang Bisnis Rental Mobil Rumahan, Rahasia Sukses!

Peluang Bisnis Rental Mobil Rumahan, Rahasia Sukses! - Bagi Anda yang ingin melakukan bisnis tapi bingung akan melakukan apa mungkin bisa coba membuat rental mobil. Jika Anda memiliki mobil di rumah yang biasanya hanya digunakan untuk ke kantor maka bisa melakukan rental mobil rumahan. Peluang bisnis ini lumayan bagus loh! Jika Anda tetarik untuk melihat pembahasannya lebih lanjut maka bisa baca artikel ini yang akan membahas peluang bisnis rental mobil rumahan.

Bisnis rental mobil lumayan menjanjikan karena banyak yang butuh dan sekali dipinjam bayarannya lumayan besar. Maka dari itu bagi yang punya mobil lebih dari satu atau mobilnya hanya dipakai sesekali banyak yang melakukan bisnis ini. Jika Anda ingin melakukannya juga tapi tidak tahu bagaimana memulai dan caranya supaya sukses maka langsung lihat saja pembahasan mengenai peluang bisnis rental mobil rumahan di bawah ini.



Meski peluangnya sangat besar tapi jika Anda sama sekali buta akan cara menjalaninya maka akan sia-sia. Maka dari itu setidaknya Anda tahu dulu bagaimana cara memulainya agar bisa sukses. Ya, memulai bisnis ini harus Anda ketahui dulu caranya supaya bisa lanjut dan memberikan keuntungan kepada Anda.
Jika memulai bisnis rental mobil rumahan maka bisa dibilang sebagai bisnis dengan modal kecil.

Oleh karena pasti jumlah mobil yang digunakan tidak akan banyak, paling satu atau dua mobil. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus memperhatikan banyak hal salah satunya dengan cara memilih mobilnya. Berikut ini informasi untuk Anda pemula yang baru ingin merintis bisnis ini, yaitu mengenai cara pemilihan mobil yang akan digunakan dan memulai bisnisnya.

Ini dia cara memilih mobil yang akan digunakan.

  • Gunakan Mobil Baru

Lebih baik mobil yang digunakan masih baru karena jika menggunakan mobil bekas akan membuat biaya perawatan lebih mahal. Lalu pastinya kebanyakan orang akan lebih senang memilih mobil yang masih bagus, seperti suara mesinnya masih halus dan interiornya masih enak dilihat. Jika Anda mengasuransikan mobilnya juga akan lebih bisa dihargai.

  • Pilih Mobil yang Banyak Disukai

Anda harus mengetahui mobil apa yang paling banyak dibutuhkan atau disukai oleh klien rental mobil. Mobil SUV atau mobil keluarga adalah yang paling diminati, misalnya Xenia dan Avanza. Hal ini karena memang kebanyakan klien merental mobil untuk bepergian dengan keluarganya yang banyak. Selain itu, harga sewa selama 24 jam untuk mobil ini lumayan, yaitu bisa sampai 400 ribu rupiah.

  • Pilih Mobil yang Perawatannya Mudah

Memilih mobil yang perawatannya mudah sangat penting supaya bisa menghemat biaya perbaikan. Oleh karena mobil rental biasanya digunakan untuk jarak jauh maka akan lumayan cepat rusak. Nah, jika perawatannya sulit karena spare part yang tidak terlalu banyak dan alasan lainnya maka Anda justru akan rugi karena bisnis Anda akan terhenti atau berkurang keuntungannya karena mobil dalam keadaan rusak.

  • Beli Mobil dengan Angsuran

Oleh karena Anda akan melakukan rental mobil rumahan yang artinya dengan modal kecil maka jangan beli mobil secara cash. Kecuali memang Anda sudah punya mobil pribadi yang telah lama dibeli. Akan lebih baik Anda mendapatkan mobil dengan cara mencicil atau dengan leasing.

Anda bisa mengambil mobil baru dengan menggunakan kredit bank sehingga hanya perlu mempersiapkan pembayaran DP. Sesudah itu Anda dapat membayar cicilannya dari pendapatan sewa mobilnya. Dengan melakukan leasing juga sama.

Selain memperhatikan cara membeli atau memilih mobil, Anda juga harus memperhatikan hal lainnya supaya bisnis ini bisa sukses besar. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan tersebut.

Baca juga: Perkiraan Modal Usaha Cuci Motor dan Mobil

1. Siapkan Keamanan

Meski peluang bisnis rental mobil rumahan akan menguntungkan tapi tidak lepas dari kerugian juga. Salah satunya adalah adanya tindakan pencurian. Ya, banyak pemilik bisnis rental yang harus kehilangan mobilnya karena dicuri oleh orang yang menyewanya. Maka dari itu supaya lebih aman Anda harus melakukan cara lain, contohnya menanamkan perangkat GPS pelacak pada bagian mobil yang tersembunyi.

2. Berikan Asuransi

Kecelakaan mungkin saja terjadi dan membuat mobil Anda rusak. Jika Anda tidak mengasuransi mobil yang digunakan bisnis ini maka jika terjadi hal tersebut Anda akan rugi karena harus memperbaiki mobil dengan biaya sendiri. Pastinya pengeluaran Anda akan besar dan justru merugikan.

3. Kerja Sama dengan Bengkel

Bengkel dan mobil adalah kesatuan yang saling terikat erat. Akan lebih baik jika Anda melakukan kerjasama dengan bengkel supaya mendapatkan keuntungan seperti bisa lebih mudah merawatnya, dan pastinya biaya jadi bisa lebih murah karena sudah menjadi mitra kerjasama.

4. Menyiapkan Supir

Selain menyiapkan mobilnya, ada baiknya Anda juga menyediakan supir sehingga jika yang menyewa tidak punya supir, Anda bisa menawarkan jasanya. Dengan menyediakan double jasa seperti ini, peluang Anda untuk untung akan lebih besar dan baik.

5. Promosi

Nah, setelah memiliki atau mempersiapkan semua hal-hal tersebut Anda harus melakukan promosi supaya bisnis Anda ini banyak yang tahu. Contoh promosinya, Anda bisa membuat iklan di sosial media atau memberikan harga setengah dari sewa pada umumnya, dan lain sebagainya.

Baca juga: 50+ Usaha Kecil-kecilan di Rumah yang Menguntungkan 2018

Begitulah bagaimana peluang bisnis rental mobil rumahan. Supaya bisa mendapatkan peluang yang besar maka Anda harus mempersiapkan semua halnya dengan matang.