Peluang Usaha Bisnis Kerupuk. Apakah Masih Menjanjikan?

Peluang Usaha Bisnis Kerupuk. Apakah Masih Menjanjikan? - Kerupuk termasuk camilan favorit masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak. Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih kerupuk sebagai camilan adalah karena harganya murah tapi enak sekali. Ada banyak jenis kerupuk yang ada, dari kerupuk bawang, kerupuk pedas, kerupuk mie, dan masih banyak lagi. Namun apakah memang peluang usaha bisnis kerupuk masih menjanjikan?

Bisnis makanan termasuk jenis bisnis yang sering menjanjikan karena memang kebutuhan pokok semua orang. Bisnis atau usaha ini tidak harus membutuhkan modal yang besar karena bisa dilakukan dengan skala rumahan. Sama halnya dengan usaha kerupuk, membuatnya di rumah saja sudah bisa. Apabila Anda ingin membuka usaha ini tapi belum tahu peluang usaha bisnis kerupuk maka bisa lihat pembahasannya di bawah ini.



Bisnis makanan sederhana bisa saja menjadi sukses besar apalagi jika dilakukan dengan serius dan tanpa menyerah dalam menghadapi segala kendalanya. Berbisnis kerupuk terlihatnya memiliki keuntungan yang kecil karena harga jualnya yang murah sekali, hanya 500 rupiah sudah bisa mendapatkan sebuah kerupuk. Namun nyatanya bisnis ini lumayan menjanjikan. Bahkan ada pengusaha kerupuk rumahan yang per bulannya bisa mendapatkan omzet puluhan juta rupiah.

Usaha pembuatan kerupuk biasanya dilakukan dalam skala rumahan karena pembuatannya yang tidak terlalu sulit. Kemudian, bisnis kerupuk usaha rumahan juga bisa sangat menjanjikan karena akan membuat banyak pelanggan tertarik membeli karena harganya yang lebih murah. Ada banyak sekali jenis kerupuk yang bisa Anda sesuaikan dengan bahan yang paling banyak di sekitar Anda.

Keuntungan berbisnis kerupuk di rumah bisa saja sama dengan bisnis kerupuk pabrikan. Oleh karena dengan memproduksi di rumah membutuhkan modal yang tidak terlalu besar kemudian bisa berkomunikasi juga dengan pelanggan dengan lebih mudah sehingga akan lebih bisa cepat mendapatkan pembeli.

Memproduksi kerupuk tidak butuh pengalaman karena Anda bisa melakukannya dulu lalu berusaha lebih memperbaiki. Anda bisa belajar mengelola usaha ini sambil memproduksi kerupuk. Awalnya Anda hanya perlu mencari informasi mengenai cara pemilihan bahan baku, cara mengolah, mengemas, sampai memasarkannya.

Menjadi pebisnis kerupuk dapat sukses besar jika Anda konsisten, tekun, dan serius melakukannya. Kemudian Anda juga harus memiliki banyak pengetahuan mengenai berbagai hal yang bisa membuat sukses. Jadi jika ada yang bertanya apakah peluang usaha bisnis kerupuk masih menjanjikan. Maka jawabannya adalah ya. Asal mengikuti syarat yang sudah disebutkan tadi.

Jika belum yakin, Anda bisa coba melakukan usaha ini dengan modal yang sedikit dulu. Kemudian lakukan sebisa Anda dan coba pasarkan, jika memang berhasil maka Anda bisa melanjutkannya. Jangan hanya memikirkan apakah berhasil atau tidak tapi lakukan dan buktikan. Oleh karena kita tidak akan tahu jika tidak mencoba.


Usaha Berbagai Jenis Kerupuk

Ada banyak sekali jenis kerupuk yang bisa dibuat, Anda bisa melihat dulu daftarnya di bawah ini lalu tentukan mana yang menurut Anda ingin dicoba.

1. Kerupuk Kulit

Bahan utama pembuatannya adalah kulit sapi, kerupuk ini memiliki pasarnya sendiri. Ada yang dibuat asin sehingga bisa dijadikan camilan secara langsung, ada juga yang dibuat hambar karena digunakan untuk bahan masakan. Biasanya kerupuk ini banyak ditemukan di warung nasi, warung mie, dan warung soto. Modal untuk membuat kerupuk ini tidak perlu banyak karena bahan bakunya pun bisa didapatkan dengan harga murah.

Supaya produksinya berkualitas maka Anda harus tahu cara pengelolaan dan pengolahan kerupuknya yang benar.

2. Kerupuk Jengkol

Menyatukan dua jenis makanan yang populer di Indonesia tentunya membuat bisnis ini lebih menjanjikan. Meski demikian, jumlah pengusahanya belum sebanyak kerupuk jenis lain. Kerupuk jengkol bisa dijadikan camilan atau teman nasi. Kekurangan dari bisnis ini adalah harga jengkol yang sering tinggi membuat biaya produksi bisa sangat besar sehingga keuntungannya jadi sedikit.

3. Kerupuk Udang

Termasuk jenis kerupuk paling populer yang cita rasanya terbilang lebih mewah dibandingkan kerupuk lainnya. Penggemarnya ada sangat banyak. Kerupuk ini biasa ada di tempat makan apa saja karena kelasnya lumayan tinggi. Peluang bisnis ini akan sangat menguntungkan karena penggemarnya banyak sekali.

4. Kerupuk Bawang

Ini adalah jenis kerupuk yang paling terkenal karena rasanya yang enak sekaligus wangi karena bahan bakunya memang sering menghasilkan wangi enak ketika dimasak. Di mana pun Anda bisa menemukan kerupuk bawang sehingga peluangnya akan lumayan besar.

Selain kerupuk yang populer dan paling banyak dibuat tersebut masih ada jenis kerupuk lain yang bisa coba Anda buat. Antara lain kerupuk tahu, kerupuk susu, kerupuk puli, dan kerupuk jagung. Meski masih jarang diproduksi dibandingkan jenis kerupuk lain tapi bisa juga menguntungkan karena akan banyak yang penasaran dengan rasa kerupuk-kerupuk tersebut. Jadi tidak ada salahnya untuk dicoba.



Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha bisnis kerupuk. Sekarang Anda sudah tahu bahwa bisnis ini bisa menguntungkan dan masih menjanjikan karena penggemarnya yang masih sangat banyak. Semoga dengan ini akan memberikan manfaat untuk Anda.