Peluang Usaha Bisnis Roti Bakar dan Modal Awal

Peluang Usaha Bisnis Roti Bakar dan ModalAwal - Ingin membuat usaha kuliner yang tidak memerlukan modal banyak tapi tidak tahu harus berbisnis apa? Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat bisnis roti bakar. Peluang bisnis ini lumayan menjanjikan karena bisa dikonsumsi kapan saja. Bisa dimakan untuk sarapan, atau dimakan malam hari sebagai camilan. Jika ingin membuat usaha ini tapi tidak tahu modal awal dan peluang usaha bisnis roti bakar maka bacalah artikel ini yang akan membahasnya.

Untuk berjualan roti bakar bisa hanya bermodalkan gerobak kecil yang disimpan di pinggir jalan. Atau jika ingin lebih terlihat lebih mewah atau bagus bisa membuat kedai roti bakar dengan menjual makanan lain atau minuman untuk menjaring konsumen yang lebih banyak. Peluang bisnis roti bakar dengan kedua cara ini sama-sama besar, untuk lebih mengetahui peluang usaha bisnis roti bakar maka lihat pembahasannya di bawah ini.



Peluang dalam berbisnis roti bakar bisa dibilang besar karena pelanggannya lumayan banyak, populer, bisa dimakan siapa saja, dan bisa dimakan di mana saja. Baik roti bakar yang sudah punya nama ataupun tidak ada namanya bisa memiliki kesuksesan yang sama besar. Apabila Anda sudah mengetahui resep untuk membuat roti bakar yang enak maka jangan pikir panjang lagi, coba saja untuk langsung memulai usahanya.

Masih bingung dengan modal awal yang dibutuhkan? Anda bisa mendapatkan rinciannya di bawah ini.
Biaya yang paling besar untuk memulai usaha ini adalah untuk biaya gerobak, atau tenda jika menggunakannya. Lalu biaya untuk peralatan masaknya. Jika Anda membuka bisnis ini dan dilengkapi dengan kursi serta meja untuk membuat pengunjung bisa makan di tempat Anda maka biaya untuk peralatan ini juga salah satu yang paling besar.

Sebenarnya rincian biayanya bisa tergantung kepada daerah, kualitas bahan, dan hal lainnya maka mungkin tidak sama. Namun setidaknya Anda memiliki gambaran mengenai modal minimal yang harus dimiliki.

Untuk pembuatan atau pembelian gerobak setidaknya Anda harus memiliki uang sebesar 1,5 juta rupiah. Anda menulis nama roti bakar di gerobaknya atau membuat spanduk nama roti bakar Anda. Oleh karena itu butuh dana yang sedikit lebih banyak untuk pembelian catnya dan jasa pembuatan spanduknya.

Jika menggunakan tenda biayanya butuh sekitar 2,5 juta rupiah. Untuk alat pembakarannya yang berbahan aluminium diperlukan biaya sekitar 800 ribu rupiah. Lalu untuk peralatan masak seperti kompor, kipas, dan capitan biaya minimal yang harus disiapkan adalah 1 juta rupiah.

Jika Anda menjual roti bakar dengan menyediakan meja dan kursi untuk pelanggan yang akan makan di tempat Anda maka perlu biaya tambahan untuk membeli kursi, meja, dan peralatan makan minum. Setidaknya dibutuhkan biaya sekitar 2 juta rupiah.


Ini hanya perkiraan rincian modal untuk barang-barang yang digunakan untuk memasak, dan tempat. Sementara itu masih ada rincian biaya lain untuk bahan-bahan pembuatan rotinya. Untuk biayanya lumayan besar juga karena butuh persediaan yang banyak apalagi jika varian rasa yang disediakan ada sangat banyak sehingga pembelian bahannya semakin mahal.

Rincian selanjutnya adalah untuk pembelian bahan pembuatan roti bakar selama 1 bulan. Bahan-bahan yang perlu ada untuk membuat roti bakar antara lain, roti tawar, keju, berbagai macam selai, susu kental manis, dan mentega. Selain itu Anda bisa menambahkan bahan rasa lainnya seperti meses, cokelat batang, ketan, kacang, dan lain sebagainya.

Jika Anda hanya membuka usaha ini pada malam hari maka setidaknya membutuhkan minimal 10 bungkus roti tawar yang harganya sebut saja satuannya 10 ribu rupiah, jika dikalikan dengan 30 hari maka total untuk membeli roti tawar adalah sekitar 3 juta rupiah. Untuk sebungkus roti tawar bisa digunakan untuk 10 porsi tapi jika dimakan secara satuan di kedai Anda.

Selanjutnya, untuk bahan baku tambahan rasa butuh modal sekitar 9 jutaan untuk persediaan bahan selama 30 hari. Ini adalah perkiraan harga minimalnya. Jadi jika ditambahkan dengan biaya operasionalnya adalah sekitar 16 juta rupiah atau bisa juga lebih besar atau kecil.

Itulah dia sekiranya rincian modal awal yang harus dimiliki untuk membuat bisnis roti bakar. Namun seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa modal ini tidak mutlak karena bisa tergantung dengan kualitas bahan baku untuk membuat bahan bakar, lalu bisa saja ditambah dengan sewa tempat yang harganya tidak pasti, dan lain sebagainya.

Namun jika Anda merasa modal ini masih terlalu besar maka bisa membuat dengan skala yang kecil dulu. Contohnya dengan hanya ada pilihan toping meses, selai stroberi, dan selai kacang saja. Kemudian jual di tempat yang tidak butuh biaya sewa mahal, misalnya di depan sekolahan. Semuanya bisa Anda tentukan sesuai kemampuan.

Laba bersih yang diterima dari penjualan roti bakar selama sebulan bisa lumayan besar, minimal 2 juta rupiah. Maka dari itu peluang usaha ini lumayan menjanjikan.



Demikianlah pembahasan mengenai peluang usaha bisnis roti bakar dan modal awal yang kira-kira harus Anda miliki. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.