15 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan Menjanjikan di Masa Depan

15 Peluang Usaha Ternak Menguntungkan Menjanjikan di Masa Depan - Usaha ternak sampai kapan pun akan menguntungkan karena berbagai hewan yang diternakan merupakan konsumsi penting untuk manusia. Ada banyak sekali jenis hewan yang bisa Anda ternakan dari yang ukurannya kecil sampai yang besar. Dari sekian banyak usaha ternak yang ada hanya ada 15 peluang usaha ternak menguntungkan menjanjikan di masa depan yang akan dibahas di artikel ini.

Usaha ternak bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Bisa dimulai dengan hanya membeli dua ekor binatang yang akan diternakan, jantan dan betina sehingga mereka bisa menghasilkan keturunan yang akan membuat peternakan Anda menjadi besar. Apabila Anda penasaran mengenai 15 peluang usaha ternak menguntungkan menjanjikan di masa depan maka langsung saja lihat pembahasannya di bawah ini.



Langsung saja lihat rekomendasi 15 usaha ternak yang akan menguntungkan Anda sekarang dan di masa depan berikut ini.

1. Ternak Lele

Lele termasuk ikan favorit masyarakat sehingga selalu banyak yang mencarinya. Para peternak ikan juga kebanyakan lebih suka ternak lele karena keuntungan yang akan didapatkan sangat besar. Oleh karena panen lele cepat sekali, hanya tiga bulan kurang sudah bisa dipanen dan dijual. Kemudian untuk menernakannya

2. Ternak Bebek

Jenis bebek yang bisa Anda ternakan bisa pedaging atau petelur. Ternak ini menguntungkan karena modal untuk membeli bibit bebek, membuat kandang bebek, dan pakannya tidak terlalu besar. Hanya dengan 1,5 juta rupiah juga sudah bisa mulai.

3. Ternak Kambing

Kambing termasuk hewan yang mudah dipelihara dan banyak peminatnya juga. Bahkan jadi hewan dengan daging paling disukai setelah daging ayam dan sapi. Sama seperti ternak lele, ternak kambing juga menguntungkannya bisa hanya dalam waktu yang sangat singkat. Apalagi jika sedang akan ada hari raya Idul Adha pasti pembeli kambing Anda akan jauh lebih banyak dari biasanya.

4. Ternak Sapi

Ternak sapi tentu saja menguntungkan karena harga jualnya yang sangat tinggi. Apalagi konsumsi daging sapi sangat besar sehingga akan selalu ada pembelinya. Bukan hanya di Indonesia, di negara mana pun sapi menjadi hewan terfavorit untuk disantap.

5. Ternak Ayam Pedaging

Rasanya hampir jarang ada orang yang tidak suka daging ayam, kecuali para vegetarian. Maka dari itu ternak ayam masuk sebagai salah satu dari 15 peluang usaha ternak menguntungkan menjanjikan di masa depan. Minat orang-orang terhadap daging ayam yang tidak ada matinya ini termasuk alasan kenapa akan menjadi usaha ternak yang paling menguntungkan.

Baca juga: Perkiraan Modal Usaha Ternak Lele dari Awal Sampai Berhasil

6. Ternak Belut

Peternak belut lumayan banyak jumlahnya apalagi yang tinggal di desa yang dekat laut. Modal untuk memulai ternak belut luymayan kecil jadi keuntungan yang didapatkan bisa sangat besar.

7. Ternak Burung Puyuh

Beternak burung puyuh termasuk usaha yang menggiurkan sekali karena keuntungannya lumayan besar. Sebulannya saja bisa membuat Anda menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.

8. Ternak Ayam Kampung

Dibandingkan ayam jenis lainnya, ayam kampung adalah primadonanya. Penjual-penjual ayam kebanyakan juga menjual ayam jenis ini. Beternak ayam kampung tidak perlu lahan luas, beternak di rumah saja juga bisa.

9. Ternak Jangkrik

Jangan salah, permintaan jangkrik itu lumayan banyak jadi menguntungkan sekali. Kebanyakan jangkrik dibeli untuk dijadikan pakan burung, ikan atau belut.

10. Ternak Burung Lovebird

Selain burung puyuh, masih banyak jenis burung lain yang akan sangat menguntungkan jika diternakkan. Terutama burung berkicau seperti jenis lovebird. Harga jual yang lumayan mahal juga bisa membuat Anda mendapatkan untung besar. Namun memang lumayan sulit mengurusnya karena rentan mati.

11. Ternak Kakap

Ikan yang termasuk paling favorit ini bisa dijadikan peluang usaha ternak yang menjanjikan. Jumlah konsumennya sangat banyak meski harganya lumayan mahal. Ada banyak restoran-restoran yang memiliki menu ikan kakap sebagai andalannya sehingga Anda bisa dapat untung dari itu.

12. Ternak Udang

Pangsa udang ada sangat banyak karena bisa dijadikan sebagai bahan pembuatan makanan apa saja. Banyak peternak yang sukses dalam berternak udang karena keuntungan yang akan didapatkan besar sekali.

13. Ternak Burung Walet

Anda bisa menjadi jutawan jika membuat ternak ini karena sangat diminati oleh pasar ekspor. Untuk beberapa negara, terutama China, harga jual burung walet mahal sekali. Apalagi jika burung ini memiliki sarang yang sudah dibuat, harganya luar biasa fantastis. Namun modalnya juga lumayan besar.

14. Ternak Lebah Madu

Mungkin masih banyak orang yang takut terhadap lebah sehingga tidak tertarik mengembangbiakannya. Padahal lebah bisa diternakan dan memberikan keuntungan besar apalagi lebah madu. Oleh karena ada banyak sekali konsumen madu baik untuk dijadikan obat, bahan kecantikan, minuman, dan lain sebagainya.

15. Ternak Ayam Petelur

Selain beternak ayam pedaging, ternak ayam petelur sangat menguntungkan juga. Setiap hari pastinya akan ada yang membeli telur dan bahkan menjadi salah satu bahan makanan paling tinggi peminatnya. Di rumah siapa pun pasti menyediakan telur ayam. Maka dari itu kenapa peluang usaha untuk ternak ayam petelur sangat menjanjikan.

Baca juga: Tips Budidaya Ikan Nila Sukses di Lahan Sempit 2018

Itulah dia 15 peluang usaha ternak menguntungkan menjanjikan di masa depan yang bisa coba Anda geluti. Namun apapun usahanya pasti akan berhasil jika dilakukan dengan serius dan tekun. Jika ingin jadi peternak sukses maka Anda harus banyak belajar dan tidak menyerah akan segala rintangan yang ada.