50+ Peluang Usaha Sampingan Karyawan Pabrik di Tahun 2018

50+ Peluang Usaha Sampingan Karyawan Pabrik di Tahun 2018 - Jumlah karyawan atau buruh pabrik di Indonesia ada sangat banyak. Sayangnya kini banyak pabrik yang menerapkan sistem kerja kontrak kepada karyawannya sehingga suatu saat bisa saja tidak diperpanjang kontraknya. Lalu jumlah upah yang diberikan dirasa masih kurang oleh kebanyakan karyawan pabrik makanya selalu menuntut kenaikan gaji dengan melakukan demo. Padahal daripada meminta kenaikan gaji lebih baik lakukan pekerjaan sampingan saja, misalnya dengan melakukan usaha. Di artikel ini akan diberikan referensi 50+ peluang usaha sampingan karyawan pabrik di tahun 2018.

Di era sekarang ini siapa saja bisa jadi pengusaha dan mendapatkan penghasilan yang banyak. Termasuk para buruh pabrik. Daripada menuntut kenaikan gaji yang tidak juga dinaikkan maka lakukan cara lainnya saja yang lebih bermanfaat dan menghasilkan. Oleh karena siapa tahu dengan usaha kehidupan akan lebih baik sehingga mungkin bisa melepaskan pekerjaan di pabrik dan mengelola usaha sendiri. Bagi Anda yang ingin tahu 50+ peluang usaha sampingan karyawan pabrik di tahun 2018 bisa lihat daftar usahanya di bawah ini.



Langsung saja ini dia daftar usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh karyawan pabrik yang ingin punya penghasilan tambahan yang besar.
  1. Jualan Online
Berbagai barang bisa Anda jual secara online misalnya baju, peralatan rumah tangga, mainan anak, kosmetik, dan masih banyak lagi barang lainnya. Jika belum punya uang untuk membeli domain untuk situs sendiri maka bisa buka toko di situs-situs e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, dll.
  1. Dropship
Menjadi dropshipper itu berjualan juga tapi Anda tidak perlu memiliki barang, bahkan tidak memerlukan modal. Hanya promosikan saja produk milik orang lain tapi dengan harga Anda sendiri yang pastinya lebih mahal. Ini lebih mudah dibandingkan menjual barang sendiri.
  1. Program Afiliasi
Dengan pekerjaan ini Anda harus mempromosikan atau memasarkan produk orang lain dengan link yang disimpan pada website Anda. Nanti jika ada yang membeli produk pada link Anda maka ada komisi yang didapatkan. Tidak apa dengan membuat website gratisan dulu asal banyak pengunjungnya.
  1. Pengembang Plugin Wordpress
Jumlah website yang dibuat di Wordpress ada sangat banyak maka jika Anda menjadi pengembang plugin atau template-nya pasti akan berhasil karena banyak yang membutuhkannya.
  1. Jual Aplikasi
Bagi Anda yang memiliki keahlian sebagai programer bisa mencoba buat aplikasi dan menjualnya. Jika banyak yang mendownload maka nanti Anda bisa dapat uang yang banyak.
  1. Buat Channel Youtube
Ini termasuk dari 50+ peluang usaha sampingan karyawan pabrik di tahun 2018 terbaik karena penghasilan dari Youtube lumayan besar. Anda bisa membuat video apa saja, baik yang lucu atau yang memberikan pengetahuan. Membuat video Youtube tidak terlalu sulit.
  1. Menjual Domain
Anda bisa membeli nama domain yang sangat banyak lalu jual lagi dengan harga yang jauh lebih tinggi.
  1. Buat Website
Anda hanya perlu daftar di Wordpress kemudian sewa domain dan hosting. Lalu isi dengan berbagai artikel menarik dan bermanfaat kemudian tautkan dengan Google Adsense.
  1. Membuat Blog
Jika tidak ingin membuat website maka buat saja blog. Anda bisa mengisi dengan hal-hal yang Anda suka seperti tentang makanan, wisata, dll.
  1. Penulis Freelance
Anda bisa mencari orang yang membutuhkan penulis lalu tulis apa saja yang dibutuhkan klien. Bayarannya lumayan juga.
  1. Jual Pulsa
Ini termasuk pekerjaan mudah karena Anda hanya perlu menjadi agen pulsa dan membeli sejumlah pulsa. Lalu tawarkan kepada sesama teman pabrik Anda.
  1. Jual Handphone
Anda bisa membeli handphone bekas atau baru dengan harga yang murah kemudian jual kembali ke teman-teman Anda yang pastinya jumlah karyawan dalam sebuah pabrik ada banyak.

Baca juga: 50+ Usaha yang Cocok untuk Mahasiswa Menguntungkan Tahun 2018
  1. Jual Token Listrik
Selain jual pulsa Anda bisa juga jual token listrik yang memang menjadi salah satu kebutuhan paling penting untuk saat ini.
  1. Jualan Gorengan
Sambil kerja di pabrik Anda bisa jual gorengan dengan membawanya ke tempat kerja. Pastinya akan banyak karyawan lain yang membelinya karena gorengan adalah panganan favorit.
  1. Jual Makanan Sarapan
Mungkin di pabrik Anda banyak orang yang shift malam lalu pulang pagi. Manfaatkan dengan menjual makanan untuk sarapan kepada mereka atau kepada karyawan lain yang belum sempat makan pagi.
Selain usaha-usaha tersebut masih banyak jenis usaha yang lain, antara lain sebagai berikut.
  1. Jual pakaian.
  2. Jual kue.
  3. Jual makanan ringan.
  4. Jual sayur di pasar pagi atau pasar tumpah.
  5. Buka warung sembako di rumah.
  6. Jual bensin eceran.
  7. Usaha menjahit.
  8. Jadi copywriter.
  9. Penerjemah online.
  10. Menerbitkan e-book.
  11. Jasa konsultasi di website.
  12. Jadi web developer.
  13. Pengembang SEO website.
  14. Digital advertising online.
  15. Pembuatan iklan media sosial.
  16. Desain grafis online.
  17. Jual beli barang bekas online.
  18. Fotografer.
  19. Menjual foto jepretan sendiri secara online.
  20. Analisis trading forex.
  21. Mengikuti survey berbayar.
  22. Investasi bitcoin.
  23. Investasi emas di bank.
  24. Buka angkringan di malam hari untuk karyawan pagi.
  25. Jasa desain logo dan banner.
  26. Permak baju khusus Sabtu Minggu.
  27. Selebgram
  28. Jasa pengetikan.
  29. Jual jajanan pasar.
  30. Membuat ebook.
  31. Jasa cuci motor kecil-kecilan.
  32. Jual motor bekas.
  33. Jadi makelar.
  34. Jual pakan burung atau pancing.
  35. Buat produk UKM.
  36. Jual bibit ikan.
  37. Jual bibit tanaman.
Baca juga: 50+ Usaha Kecil-kecilan di Rumah yang Menguntungkan 2018

Demikianlah pembahasan mengenai 50+ peluang usaha sampingan karyawan pabrik di tahun 2018 yang bisa Anda lakukan.