Cara Import Barang dari China ke Indonesia Mudah Tanpa Ikut Seminar

Cara Import Barang dari China ke Indonesia Mudah Tanpa Ikut Seminar - Bisnis import barang merupakan salah satu jenis bisnis yang paling menguntungkan dan banyak diminati. Apalagi jika barang-barang import yang dibeli berharga murah tapi kualitasnya bagus. Salah satu negara yang paling sering dijadikan tempat untuk membeli barang import adalah China. Oleh -karena harga harganya bisa sangat miring dan ketika dijual kembali bisa membalikkan modal sampai berkali-kali lipat lebih banyak. Namun adakah cara import barang dari China ke Indonesia mudah tanpa ikut seminar?

Kebanyakan memang para pebisnis import yang baru memulai tidak tahu harus melakukan apa. Maka dari itu kebanyakan dari mereka mengikuti seminar terlebih dahulu agar bisa mendapatkan pelatihan dan mengetahui cara-cara untuk mengimport barang. Sayangnya harga ikut seminar itu sangat mahal dan artinya bagi sebagian orang akan sangat memberatkan. Namun tenang saja karena disini juga akan dibahas informasi mengenai cara import barang dari China ke Indonesia mudah sehingga Anda tidak perlu ikut seminar. Lihat pembahasannya di bawah ini.



Tujuan seminar bisnis adalah untuk mengajarkan kiat-kiat dan tips-tips untuk melakukan bisnis supaya berjalan dengan lancar. Apabila seminarnya tentang cara import barang pasti Anda akan diajari banyak hal dari awal mula melakukan import sampai bisa menjualnya di tanah air.

Biaya seminar itu tidaklah murah, dalam sekali pertemuan saja bisa menghabiskan jutaan rupiah. Apabila Anda ingin melakukan import barang dari China ke Indonesia dan tidak punya biaya atau waktu untuk mengikuti seminar maka bisa melihat informasinya di bawah ini.

Import Barang China Mudah

Untuk melakukan import dari China yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan situs jual beli yang ada di negara tersebut. Alibaba.com adalah situs yang paling banyak diakses dan memang banyak dipilih oleh para pengimport barang. Maka dari itu sekarang akan dibahas cara mengimport barang dari China ke Indonesia dengan menggunakan Alibaba.com.

Sebelum mulai melakukan import Anda harus berpikir dulu mengenai barang yang akan Anda beli. Supaya mendapatkan untung yang besar tentu saja Anda harus memikirkan berbagai barang-barang yang banyak peminatnya di Indonesia.

Beberapa barang import yang paling banyak dicari oleh orang-orang Indonesia adalah produk fashion, produk rumah tangga, dan barang-barang unik, mainan anak, dan lain sebagainya. Oleh karena barang-barang import memiliki model yang tidak banyak dijual di Indonesia sehingga terlihat lebih unik dan istimewa.

Sesudah itu Anda harus tahu minimum of quantity atau pembelian minimum dari sebuah barang yang akan dibeli. Apabila Anda baru memulainya maka lebih baik beli dulu barang yang pembelian minimumnya hanya sebanyak puluhan supaya tidak rugi banyak jika barang-barangnya tidak laku. Anda harus jeli karena kebanyakan barang untuk diimport memiliki jumlah pembelian minimum sebanyak ratusan sampai ribuan buah.

Sesudah itu meski Anda harus memilih supplier yang benar atau baik. Supplier yang baik untuk dipilih adalah yang assessed supplier karena supplier ini telah dinilai oleh perusahaan pihak ketiga Alibaba sehingga pastinya tidak akan menipu Anda. Kemudian pilih juga supplier yang menyediakan asuransi kualitas selama melakukan shipment, kemudian harus cari yang bisa dibayar dengan menggunakan Escrow atau Paypal karena kedua situs pembayaran internasional ini sudah sangat terpercaya dan jika terjadi sesuatu atau masalah Anda bisa komplain ke keduanya.

Baca juga: 4 Website Terbaik untuk Import Barang dari China

Cara import barang dari China ke Indonesia mudah lainnya adalah Anda bisa melakukan nego dengan supplier apabila jumlah minimum pembeliannya terlalu besar. Kemudian apabila Anda sudah mendapatkan supplier dan supplier tersebut tidak memiliki barang yang Anda cari maka bisa meminta bantuan kepadanya untuk mencarikan barang yang diinginkan tapi dengan harga yang tidak lebih mahal. Caranya adalah dengan langsung melakukan kontak ke supplier di kontak-kontak yang sudah tertera di dalam setiap akun supplier tersebut. Akan lebih baik jika supplier tersebut memiliki akun Skype sehingga Anda bisa langsung bertatap muka dengan mereka.

Sesudah itu Anda harus tahu bahwa jika membeli barang dari Alibaba tentu saja harga yang perlu Anda bayarkan tidak akan sama dengan yang tertera dalam situs tersebut. Kenapa? Oleh karena selain membayar harga barang yang dibeli Anda juga harus membayar ongkos kirim ke Indonesia yang lumayan besar. Maka dari itu jangan terjebak dengan harga yang murah. Anda harus cari tahu dulu berapa fee yang harus dibayarkan jika akan mengimport barang ke Indonesia.

Apabila Anda membayar menggunakan akun PayPal berarti yang harus dikeluarkan adalah 25 USD. Sedangkan jika dengan bayar transfer atau menggunakan telegraphic transfer dan Western Union jumlahnya adalah 35 USD. Harga ini berlaku untuk sekali transfer pada satu orang supplier.

Fee selanjutnya adalah untuk ongkos kirim ke gudang forwarder sebelum dikirimkan ke Indonesia. Untuk biaya ini Anda mungkin akan dikenakan charge sampai dengan 50 USD. Hal ini karena harga yang dicantumkan di Alibaba merupakan harga supplier atau pabrik sehingga apabila telah sampai di pelabuhan tempat ekspor membutuhkan biaya tambahan untuk bisa dikirimkan.

Sesudah itu Anda harus mencari forwarder ke Indonesia yang bisa memberikan biaya tidak terlalu banyak untuk per CBM-nya. Akan lebih baik lagi jika Anda menemukan forwarder yang memberikan harga semuanya sehingga tidak perlu membayar pajak dan membayar ongkir lagi untuk dikirimkan ke Indonesia. Ini dia kontak forwarder dari sebuah situs yang pernah melakukan import dari Alibaba, Ibu Debby dengan no hp 08988822497/081298898288.

Baca juga: Tips Berbelanja di Alibaba dan Import Barang dari China

Itulah dia informasi cara import barang dari China ke Indonesia mudah tanpa ikut seminar.