Peluang Bisnis Usaha Mie Ramen, Modal Awal dan Keuntungan

Peluang Bisnis Usaha Mie Ramen, Modal Awal dan Keuntungan - Beberapa makanan khas negara Jepang menjadi favorit di Indonesia. Salah satunya adalah ramen. Oleh karena mie termasuk makanan favorit kebanyakan orang Indonesia maka tempat makan yang menjual ramen juga sering ramai oleh pengunjung. Apalagi jika banyak pelengkap atau topping yang menarik dan enak. Anda ingin coba membuat usaha ramen? Lebih baik baca dulu informasi mengenai peluang bisnis usaha mie ramen, modal awal dan keuntungan di artikel ini.

Untuk membuka usaha berjualan mie ramen, Anda bisa menggunakan produk sendiri atau dengan franchise ramen yang sudah banyak cabangnya di Indonesia. Jika sudah dibuat maka harus dipromosikan melalui sosial media sehingga banyak yang tahu. Untuk Anda yang baru ingin membuka usaha ini mungkin butuh referensi dulu makanya lihat informasi mengenai peluang bisnis usaha mie ramen, modal awal dan keuntungan pada pembahasan di bawah ini.



Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjalani bisnis ramen ini adalah bermitra dengan pemilik kedai ramen lain yang sedang berkembang usahanya. Atau Anda cari dulu beberapa kedai ramen yang memang membuka mitra. Nantinya Anda diharuskan membayar sejumlah uang untuk mendapatkan bahan-bahan, tempat, dan lain sebagainya.

Modal awal untuk menjadi mitra ramen biasanya memang lumayan besar, yaitu 30 juta ke atas. Namun akan membuat Anda lebih mudah menjalankannya karena sudah diberikan bahan-bahan pembuatan ramen, furniture untuk tempatnya, perlengkapan masak, pelatihan, sampai tempatnya. Kemudian dengan menjadi mitra kedai ramen yang sudah terkenal membuat Anda tidak terlalu sulit lagi untuk berpromosi.

Jika membuka dari awal pastinya Anda tidak akan langsung sukses karena belum adanya kepercayaan pelanggan. Namun jika bekerjasama dengan kedai ramen yang sudah terkenal akan lebih mudah membuat Anda sukses.

Namun untuk menjadi mitra, ada jangka waktu pembayarannya. Biasanya sekali membayar hanya berlaku selama 3 sampai 5 tahun, selanjutnya Anda harus membayar lagi bahkan ditambah dengan biaya perpanjangan untuk menggunakan merek ramen yang sudah ada tersebut. Kemudian Anda biasanya masih harus memberikan sejumlah keuntungan Anda kepada mitra sehingga tidak semua keuntungannya bisa Anda nikmati sendiri.

Jika Anda ingin lebih leluasa menjalankan bisnis ini sesuai dengan keinginan maka lebih baik buka saja kedai yang menjual produk ramen sendiri. Namun Anda harus tahu perkiraan mengenai berapa biayanya sendiri. Tidak perlu khawatir, di bawah ini akan disebutkan perkiraan biaya yang harus Anda keluarkan untuk memulai bisnis ramen.

Untuk biayanya dibagi-bagi menjadi biaya investasi atau untuk membeli perlengkapan kedai dan memasak, biaya tetap untuk operasional seperti untuk membeli bahan pembuatan ramen, upah karyawan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Roti Bakar dan Modal Awal

Untuk biaya investasi sebenarnya tergantung dengan sebesar apa kedai yang akan Anda buka. Namun jika ingin yang kecil-kecilan berikut ini perkiraan rinciannya.
  • Biaya untuk operasionalnya diperkirakan membutuhkan modal sekitar sebesar 10 juta rupiah. Biaya tersebut terbagi untuk biaya sewa tempat, etalase atau gerobak, alat memasak, meja, kursi, dan peralatan tambahan.
  • Biaya untuk investasi sekitar 1 juta rupiah per bulannya. Biaya ini diperlukan untuk menutupi kekurangan berbagai barang-barang seperti garpu, sendok, sumpit, mangkok, juga gaji karyawan.
  • Biaya variabel adalah sekitar 8 juta rupiah, yaitu untuk membeli bahan-bahan pembuatan ramen seperti mie, kecap, saus, bumbu kuah, ayam, daging sapi, minyak ikan, kecap Jepang, biaya air dan listrik, juga biaya bahan lainnya.
Cukup besar juga modal awal untuk membuka kedai ramen yang kecil-kecilan juga. Namun tidak perlu khawatir karena peluangnya lumayan baik. Untuk peluangnya, ramen sangat disukai oleh kalangan remaja. Maka dari itu akan lebih menguntungkan jika Anda membuka kedainya di dekat kampus atau sekolah. Dengan begitu anak-anak remaja tersebut bisa langsung mampir ke kedai Anda setelah selesai kuliah atau sekolah.

Akan tetapi bukan berarti orang dewasa juga tidak tertarik. Oleh karena banyak juga pecinta mie ramen yang ada. Maka dari itu peluang bisnis usaha ramen pastinya besar sekali. Untuk pendapatan bersih per bulannya akan lumayan besar juga meski sudah dikurangi dengan biaya operasional untuk keperluan pembelian bahan-bahan ramen selanjutnya.

Untuk keuntungan kotor bisnis ramen kecil bisa 10 juta rupiah ke atas, jika dikurangi dengan biaya operasional Anda bisa untung 2 juta – 4 juta rupiah per bulannya. Apabila untuk membuka kedai yang cukup besar, jumlah keuntungan akan lebih banyak lagi bahkan dalam beberapa bulan saja sudah bisa balik modal kembali. Apalagi jika menjadi mitra warung atau kedai ramen yang sudah dikenal pasti per bulannya bisa mendapatkan untung sampai puluhan juta rupiah.

Namun memang tergantung kepada banyaknya pelanggan yang datang. Maka dari itu sistem promosi yang Anda lakukan harus benar dan maksimal. Kemudian supaya banyak yang tertarik Anda harus membuat ramen yang berbeda dari ramen lainnya.

Baca juga: Daftar Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan 2018

Itulah dia sedikit pembahasan mengenai peluang bisnis usaha mie ramen, modal awal dan keuntungan. Semoga dengan informasi ini bisa membantu Anda yang sedang bingung menentukan modal awal untuk berjualan ramen.