Apa Itu Bisnis Database? Bagaimana Cara Kerja Bisnis Ini?

Apa Itu Bisnis Database? Bagaimana Cara Kerja Bisnis Ini? – Di era modern seperti saat ini, ada banyak sekali model bisnis baru yang berkembang di masyarakat. Namun diantara banyanya model bisnis yang ada, bisnis online lah yang paling menonjol. Perkembangan bisnis online baik di Indonesia maupun negara-negara lain sudah sangat pesat. Bahkan saking pesatnya, hampir semua pebisnis sudah mulai bermigrasi ke online.

Jika kita amati, masyarakat mulai suka berbelanja secara online ketimbang offline untuk beberapa kategori barang tertentu seperti pakaian, gadget, dan lain sebagainya. Bukan tanpa alasan, memilih berbelanja secara online selain karena lebih mudah, harganya juga lebih murah, serta varian barang yang dijual pun juga lebih banyak. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa model bisnis online bisa berkembang dengan sangat pesat.

Tapi tahukah anda bahwa model bisnis online tidak hanya berjualan produk fisik saja? Kita juga bisa berjualan berbagai macam produk digital mulai dari software, ebook, sampai dengan database. Buat anda para pemula, tentu masing bingung dengan model bisnis online database. Tak usah kawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi info lengkap mengenai apa itu bisnis database, dan bagaimana cara kerjanya.


Apa Itu Bisnis Database?

Jadi bisnis database adalah model bisnis yang menjualbelikan berbagai macam informasi data seseorang atau sekelompok orang. Biasanya sekelompok orang tersebut merupakan target konsumen. Jenis datanya sangat bermacam-macam, mulai dari nomor HP, alamat, PIN BBM, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bisnis model ini banyak digeluti oleh praktisi internet yang memang hobi mengumpulkan berbagai macam data dari pengguna internet.

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Database?

Sebenarnya cara kerja bisnis database ini tidak jauh berbeda dibandingkan dengan model bisnis online dengan produk digital lainnya. Produk digital yang diperjaulbelikan dalam model bisnis ini ialah database yang merupakan data calon konsumen yang menjadi target penjual. Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa database yang bisa diperjualbelikan bermacam-macam bentuknya mulai dari nomor HP sampai dengan alamat email.

Misal saja ada seseorang yang berprofesi sebagai penjual pulsa. Tentu setiap hari pasti ada orang yang membeli pulsa di tempatnya, dan si pembeli biasanya menuliskan nomor HP yang digunakan. Dengan begitu si penjual pulsa memiliki seluruh data nomor HP dari konsumennya. Nah, data nomor HP yang jumlahnya banyak tersebut bisa dijual kepada orang lain yang memerlukan data nomor HP sebagai media untuk promosi.
Baca juga : Apa itu Dropship dan Cara Menjadi Dropshipper Sukses
Bicara soal harga tentunya sangat relatif karena setiap data memiliki nilai tersendiri. Misal data tersebut sangat spesifik seperti data nomor HP anak SMA di seluruh wilayah kota A. Data tersebut sangat potensial misal bagi lembaga bimbingan belajar, penjual HP, dan produk-produk lain yang bernuansa remaja. Untuk itu sebuah database ada yang punya harga sangat mahal, dan ada pula yang murah.

Jika anda hendak mencoba untuk terjun ke dunia bisnis database, tentu anda harus memiliki source database tersebut, bisa dengan cara mencari sendiri atau membelinya dari penjual database yang lain dan menjualnya ke orang lain dengan harga yang lebih tinggi. Jadi anda hanya sebagai pihak ketiga atau istilah konvensionalnya makelar database. Cara mengumpulkan database juga bermacam-macam.

Misal jika anda memiliki sebuah blog dengan tema otomotif, anda bisa membuat sebuah kolom khusus agar pembaca blog bisa memasukkan alamat email atau nomor HP nya. Nah, data yang sudah terkumpul merupakan database orang yang suka dengan dunia otomotif, atau minimal memiliki kendaraan. Data tersebut sangat potensial bagi para penjual sparepart atau aksesoris kendaraan. Anda bisa menjual database tersebut kepada mereka dengan harga tinggi.

Oke, itulah tadi ulasan singkat mengenai Apa Itu Bisnis Database dan Bagaimana Cara Kerjanya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua yang memang berniat ingin menggeluti bisnis jenis ini. Jangan lupa share info mengenai bisnis database ini ke teman-teman anda agar mereka juga tahu dan bisa mencobanya. Sekian dan sampai jumpa di informasi seputar bisnis yang lainnya.