Apa Itu Dropship? Cara Menjadi Dropshipper Sukses

IKLAN 2
IKLAN 3
Apa Itu Dropship? Cara Menjadi Dropshipper Sukses – Saat ini kita sudah memasuki era digital. Hampir semua hal bisa dilakukan secara online, termasuk berjualan. Bahkan pertumbuhan bisnis jual beli online berkembang sangat pesat, melebihi bisnis offline. Media yang digunakan tentunya adalah internet. Saat ini hampir semua orang sudah terkoneksi satu sama lain dengan jaringan internet dan gadget yang mereka gunakan. Karena sebab tersebutlah, bisnis online manjadi berkembang sangat pesat.

Sampai saat ini ada beberapa jenis model bisnis online populer yang terbukti sangat menguntungkan. Salah satunya adalah model dropship. Mungkin beberapa diantara anda sudah tidak asing lagi dengan istilah dropship. Namun tahukah anda sebenarnya apa itu dropship? Jadi dropship adalah model bisnis online yang tidak mengharuskan seller atau pedagang memiliki barang sendiri untuk dijual. Jadi seller hanya perlu menjualkan barang milik orang lain atas namanya.

Biasanya orang-orang kebanyakan menyebut bisnis model dropship ini dengan istilah makelaran. Model bisnis online yang satu ini sangat menguntungkan dan minim rugi, karena penjual tidak perlu membeli barang dan menyediakan stock barang dalam jumlah banyak, namun tetap bisa berjualan. Selain minim rugi, model bisnis dropship juga tidak membutuhkan model besar, atau bahkan bisa dikatakan tanpa modal karena penjual tidak perlu membeli barang dagangan alias kulakan.


Tak hanya itu saja, keuntungan yang didapat juga lumayan karena penjual bisa menentukan sendiri berapa laba yang ingin didapat dengan cara melakukan mark up harga barang yang didapat dari agen atau tangan pertama. Itulah sebab mengapa banyak orang yang tergiur dengan model bisnis online dropshipping. Jika anda ingin mencoba memulai bisnis dropship, berikut kami bagikan beberapa tips agar sukses menjalankan bisnis online model dropship.
  1. Fokus dengan Satu Jenis Produk
Jika anda masih pemula dalam memulai bisnis dropshipping, ada baiknya fokus terlebih dahulu dengan satu jenis produk, karena jika tidak fokus maka anda akan kesulitan dalam memasarkan produk yang anda miliki. Kuasi betul detail produk yang anda jual.
  1. Branding Itu Penting
Apabila anda sudah menentukan jenis produk andalan. Yang harus anda lakukan selanjutnya adalah self branding atau produk branding. Tujuannya tak lain adalah agar calon konsumen semakin percaya dengan anda dan tidak ragu saat hendak membeli produk yang anda tawarkan.
  1. Gunakan Strategi Cross Selling
Untuk memperbesar laba alias keuntungan anda, ada baiknya gunakan strategi cross selling (menjual lebih dari satu barang dalam satu waktu). Misal anda menjual baju muslim, jual juga peralatan solat seperti sajadah, mukena, tasbih, dan lain-lain.
Baca juga : 20 Peluang Usaha Untung Besar 2018
  1. Budayakan Fast Respon
Agar konsumen nyaman berbelanja di tempat anda, usahakan untuk memberikan pelayanan yang cepat alias fast respon. Jika tidak, konsumen akan merasa tidak nyaman bahkan kesal sehingg memilih berbelanja barang serupa di tempat lain.
  1. Temukan Supplier yang Tepat
Jantung utama dari seorang dropshipper adalah supplier. Usahakan untuk memilih supplier yang tepat. Jangan hanya mempertimbangkan harga saja, perhatikan juga kualitas barang, ketersediaan barang, hingga waktu respon dari supplier yang anda pilih.
  1. Jangan Puas Jadi Dropshipper
Kebanyakan para dropshipper setelah mendapatkan untung merasa nyaman dengan zonanya. Padahal akan lebih baik kedepannya jika anda meningkatkan diri menjadi reseller (memiliki stok produk sendiri). Dengan begitu anda tidak terus bergantung ada sppliyer yang bisa kolab kapan saja.
  1. Hindari Mental Mudah Menyerah
Jika anda memutuskan untuk jadi seorang pebisnis online, maka sebisa mungkin untuk menghilangkan mental mudah menyerah. Gagal adalah suatu hal yang sangat biasa baik pada bisnis online maupun offline.

Bagaimana, sudah jelas bukan terkait info mengenai bisnis online model dropship? Semoga info singkat yang kami bagikan terkait Apa Itu Dropship dan bagaimana Cara Menjadi Dropshipper Sukses tadi bermanfaat bagi para pembaca semua terutama anda yang dalam waktu dekat ini ingin memulai bisnis online model dropship. Jangan lupa share info ini ke teman-teman anda yang juga ingin memulai usaha serupa. Sampai jumpa.
IKLAN 4
IKLAN 5