Cara Mencari Barang Import dari China Mudah Untuk Pemula

IKLAN 2
IKLAN 3
Cara Mencari Barang Import dari China Mudah Untuk Pemula – Seperti yang kita tahu bahwa RRC alias China merupakan surga bagi para importir barang di Indonesia. Mengapa bisa begitu? Pasalnya hampir semua barang yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia bisa kita jumpai di sana, mulai dari mesin yang rumit sampai dengan barang yang sangat sederhana seperti alat pemotong kuku. Wajar memang karena China merupakan salah satu negara industri paling maju di dunia saat ini.

Selain itu China juga terkenal dengan negara penghasil barang-barang KW, mulai dari barang-barang elektronik, pakaian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu yang menjadi kelebihannya adalah harganya yang sangat murah jika dibandingkan dengan negara-negara yang lain. Jadi jangan kaget jika membeli HP atau smartphone China dengan harga yang sangat murah bahkan tidak masuk di akal, karena memang negara tersebut serba bisa.

Nah, bagi anda yang ingin bergelut di dunia eksport import, terutama barang dari China sebaiknya anda simak dulu tips yang akan kami bagikan kali ini. Apalagi jika anda masih pemula yang sebelumnya tidak pernah melakukan kegiatan import barang. Tujuannya tak lain adalah agar transaksi anda aman. Karena dewasa ini banyak sekali penipuan yang terjadi dengan mengatasnamakan kegiatan eksport import barang China.


  1. Mencari Barang dan Supplier
Hal pertama yang wajib anda lakukan sebelum melakukan import barang dari China adalah menentukan barang yang hendak anda beli, serta supplier yang menjual barang tersebut. Cari dulu info sebanyak-banyaknya terkait barang tersebut serta supplier yang menyediakannya. Pastikan anda memilih supplier yang terpercaya guna menghindari terjadinya penipuan. Anda bisa melacak track record supplier dari beberapa transaksi yang pernah dilakukan sebelumnya.
  1. Rincian Harga dan Pembayaran
Setelah menemukan barang dan supplier yang terpercaya. Selanjutnya anda harus memikirkan harga serta metode pembayaran yang anda gunakan. Harga yang kami maksud di sini adalah harga di luar produk seperti biaya kirim, pajak, dan lain sebagainya. Ada banyak sekali jenis model transaksi seperti FOB (bayar ketika bongkar) atau CIF (bayar sebelum berangkat). Oleh sebab itu anda juga harus menanyakan kepada penjual terkait hal tersebut. Berikut rincian biaya di luar harga barang :
  • Fee payment
  • Asuransi
  • Biaya pengiriman
  • Biaya bea masuk 10%
  • ppn 10%
  • pph 7,5%
  • Biaya repacking
Baca juga : Ide Bisnis yang Laku Setiap Hari 2018
  1. Tentukan Sistem Pengiriman
Setelah selesai dengan pembayaran, yang harus anda pikirkan selanjutnya adalah menentukan sistem pengiriman barang. Ada beberapa jalur pengiriman yang bisa anda pilih seperti jalur darat atau jalur laut. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Misal jalur darat lebih cepat namun harganya lebih mahal. Sebaliknya jalur laut lebih murah, namun sampai ke tempat anda dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.
  1. Perbanyak Informasi
Langkah selanjutnya sebelum anda mulai action adalah memperbanyak info dan wawasan seputar impor barang China. Anda bisa masuk ke grup atau forum-forum khusus importir dan menanyakan hal-hal yang belum anda mengerti kepada orang-orang yang memang sudah ahli. Biasanya mereka juga tidak pelit ilmu dan membagikan pengalamannya saat import barang. Pengalaman tersebut bisa anda jadikan pelajaran untuk melakukan import barang dari China
  1. Minimalisir Resiko
Biasanya para importir barang China pemula banyak melakukan kesalatan dengan meminimalkan biaya tambahan semaksimal mungkin tanpa memikirkan resiko. Misal pengiriman tidak disertai asuransi. Alhasil saat barang rusak atau hilang, yang rugi adalah importir sendiri. Oleh sebab itu sebaiknya anda meminimalisir resiko dengan tidak menempuh jalur-jalur yang terlalu beresiko, meski harga jadi lebih murah.

Nah, itulah tadi beberapa tips mengenai Cara Mencari Barang Import dari China Mudah Untuk Pemula. Semoga info yang kami bagikan tadi bermanfaat bagi anda para pembaca semua, utamanya yang ingin memulai bisnis import barang dari China yang terkenal murah. Silahkan share info bisnis ini kepada teman dan kerabat anda agar mereka juga bisa merasakan manfaatnya dan sukses bersama-sama. Sampai jumpa.
IKLAN 4
IKLAN 5