Apa itu Buyer dan Pengertian Buyer adalah..

Apa itu Buyer dan Pengertian Buyer adalah - Perkembangan teknologi saat ini sangat menguntungkan semua orang untuk bisa menjadi seorang pengusaha. Karena itu, jangan heran bila setiap detiknya di time line sosial media Anda banyak orang yang menjual beraneka macam produk.

Selain di sosial media, marketplace pun mulai bermunculan tujuannya antara lain untuk membantu menemukan penjual dengan calon pembeli yang berada dalam wilayah yang sama maupun hingga mancanegara.

Karena fenomena inilah, banyak muncul istilah-istilah baru diantara para wirausahawan dan calon pembeli. Jika salah satu tidak mengetahui makna dan artinya sering kali bisa berakibat fatal atau pun dicap sebagai penjual yang tidak profesional.

Salah satu contoh istilah kata yang sering muncul tersebut adalah kata “Buyer”. Kata tersebut merupakan kata serapan asing yang sangat familiar dikalangan penjual online shop. Lalu, apa arti dari kata “Buyer” tersebut? Penasaran bukan? Berikut ulasannya!


Apa Arti dari Kata Buyer? 

Buyer sendiri merupakan bahasa asing yang berasal dari Inggris. Oleh karena itu, semua orang bisa mencari arti kata ini melalui google translate atau kamus bahasa Inggris. Secara Harfiah Buyer ini memiliki arti Pembeli dan juga langganan.

Sebenarnya bila Anda mahir atau tau tentang kosa kata bahasa Inggris pastinya tidak akan kesulitan untuk menerjemahkan arti kata tersebut dikarenakan pencampuran bahasan asing dan lokal sering terjadi ketika membeli produk online.

Pengertian Buyer di Perusahaan 

Dalam sebuah perusahaan juga terdapat sebuah divisi buyer. Tentunya pengertian dan tugas yang dimkasud dalam buyer tersebut berbeda dengngan pengertian buyer secara umum. Pengertian ini perlu Anda ketahui, agar ketika dilapangan tidak salah dalam memaknainya.

Pengertian buyer dalam sebuah perusahaan adalah seseorang yang harus memliki pengetahuan akan pemasaran, penganggaran, serta mengetahui tentang seluk beluk perilaku konsumen.

Tugas dan Tanggung Jawab Buyer di Perusahaan 

Di sebuah perusahaan, tugas seorang buyer ini tergolong berbeda-beda. Tetapi walaupun berbeda terdapat persamaan yang mencolok yang biasa dikerjakan oleh para buyer. Yaitu sebagai berikut:
  • Mengecek stok produk yang biasa dibeli oleh supplier. Tujuannya agar produk tersebut bisa di simpan di gudang ataupun toko-toko terdekat.
  • Bekerja sama dengan divis gudang untuk memastikan produk yang dibeli supplier bisa tersedia di gudang dengan tepat waktu.
  • Mencatat dan memproses pesanan barang dari supplier
  • Menganalisa dan mengumpulkan informasi dari para pelanggan terkait kualitas dan harga dari produk yang dikeluarkan.
  • Menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan supplier
Nah, itulah dia pengertian dari buyer. Tentunya dalam ulasan di atas, Anda bisa menemukan dua perbedaan makna dari kata buyer itu sendiri. Walaupun berbeda, buyer tersebut tetap saja memiliki peran penting dalam dunia jual beli baik itu online maupun offline. Bagaimana menarik bukan? Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!