Apa arti Singkatan PO, Kepanjangan dari PO Apa ?

Apa arti Singkatan PO, Kepanjangan dari PO Apa ? - Dalam perbendaharaan kata tentu saja ada banyak sekali singkatan, atau kependekan dari suatu istilah yang biasa kita gunakan sehari-hari. Bahasa Indonesia sendiri merupakan salah satu bahasa dengan jumlah kata yang kompleks dan beragam di dunia. Itu dari bahasa Indonesia itu sendiri, belum lagi dari bahasa daerah atau aksara lokal yang memang dimiliki oleh tiap-tiap daerah. Tidak hanya itu, kata serapan atau kata yang diambil dari bahasa asing yang kemudian dipergunakan dengan pengubahan seperlunya. Tidak hanya masalah kata-kata saja tetapi juga ada aspek lain yang sangat penting dari bahasa Indonesia seperti peribahasa, perumpamaan, sinonim, antonim, serta kepanjangan dan singkatan. Berbicara tentang singkatan dan kepanjangan ternyata dua unsur ini saling keterkaitan satu sama lain.


Singkatan dan kepanjangan tentu sudah sangat akrab di telinga kita bukan ? Misalnya saja POLRI yang merupakan singkatan dari Polisi Republik Indonesia atau BNI yaitu Bank Negara Indonesia dan singkatan lainnya yang masih sangat banyak jumlahnya. Namun baru-baru ini ada singkatan yang mungkin sudah sangat akrab di telinga kita yaitu PO. Apakah itu PO? Dilihat dari singkatan tersebut ternyata memiliki bermacam-macam penafsiran yang menjurus ke berbagai hal yaitu PO yang artinya Pay Out, PO yang artinya Pre Order dan PO yang artinya Purchase Order. Untuk itu kami hadir untuk memberikan informasi kepada anda terkait jenis-jenis penjelasan dari PO, Arti Singkatan PO, Kepanjangan PO tersebut antara lain :

- PO = Pay Out
Dunia internet digital serta internet selalu saja memberikan kejutannya tersendiri termasuk dalam bidang kemajuan zaman yang terus bergerak ke depan. Misalnya saja dengan kehadiran internet yang dahulu dianggap sesuatu yang menakjubkan dan ajaib membuat ada-ada saja peluang usaha yang bisa tumbuh di sana. Jika banyak yang berfikir kalau internet bisa digunakan sebagai bentuk hiburan serta pengetahuan saja, mungkin itu cukup keliru. Karena pada dasarnya dunia digital dalam hal internet bisa digunakan sebagai ladang untuk menghasilkan pundi-pundi uang salah satunya adalah adsense.
Namun sebelum anda bergerak lebih jauh lagi, ada beberapa istilah dalam dunia digital marketing yang wajib untuk anda ketahui misalnya saja PO. PO dalam dunia digital marketing merupakan singkatan dari pay out. Pay out sendiri secara harafiah dapat diartikan sebagai pembayaran jasa dalam dunia internet jadi ketika adsense baik berupa iklan google maupun affiliasi pada website atau blog. Biasanya Pay Out ini dibayarkan melalui rekening penerima atau rekening bersama dengan mata uang dolar Amerika.

Baca juga : Apa Itu Dropship? Cara Menjadi Dropshipper Sukses 

- PO = Pre Order
Dalam dunia bisnis juga ada istilah PO yaitu Pre order. Yang dimaksud dengan pre order adalah pemesanan produk yang tidak ready atau yang tidak tersedia. Maksudnya adalah ketika seseorang ingin membeli barang atau produk tertentu, orang tersebut harus menunggu beberapa waktu untuk bisa mendapatkan produk yang diinginkan. Dalam mensiasatinya, sistem belanja PO mengharuskan anda untuk menyetorkan uang sebagai tanda jadi atau bukti keseriusan anda membeli produk tersebut. Adapun uang muka atau DP nya bervariasi mulai dari 30% sampai dengan 50% dari harga produk. Alasan dilakukannya sistem O pada bisnis biasanya disebabkan karena jumlah permintaan yang meningkat, jumlah stok yang kosong dan lain-lain.

- PO = Purchase Order
Kalau PO yang satu ini cukup berbeda namun tetap dalam pengertiannya dalam ruang lingkup bisnis yaitu purchase order. Purchase order sendiri adalah salah satu jenis dari sura bisnis.  Analoginya adalah ketika kita sebagai pembeli ingin memsan suatu produk atau barang pada perusahaan baik produsen maupun suplier atau distributor, maka kita akan diminta untuk mengirimkan surat permintaan baik dalam bentuk soft file seperti email maupun hard file seperti surat purchase order ini. Surat purchase orde rini berfungsi untuk menjelaskan sekaligus mendeskripsikan barang atau produk saja yang kita pesan atau kita minta.


Itulah beberapa dari definisi PO, pengertian PO yang sering kita temui sehari-hari. Mungkin masih banyak penjelasan lain mengenai kepanjangan dari PO. Yang pasti kamu berharap artikel yang sudah kami tulis bisa memberikan sedikit pencerahan bagi anda semua.