Ini 5 Keluhan yang Dirasakan pada Trimester Kehamilan Pertama

22.51
IKLAN 2
IKLAN 3

Saat sedang hamil, tentu saja ibu mengalami banyak sekali perubahan yang terjadi dalam dirinya. Tidak hanya perubahan fisik namun juga perubahan hormonal yang mau tidak mau butuh penyesuaian. Terlebih saat trimester kehamilan pertama, banyak sekali ibu yang masih sangat khawatir tentang kesehatan serta perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Kebanyakan keluhan-keluhan tersebut terjadi di awal masa kehamilan.

Lalu pertanyaan yang timbul adalah apakah keluhan tersebut adalah wajar adanya?  Jawabnya adalah iya, karena memang perubahan hormon tersebut merupakan reaksi alamiah serta naluriah tubuh. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar Ini 5 Keluhan yang Dirasakan pada Trimester Kehamilan Pertama yang bisa jadi tambahan ilmu bagi anda terutama calon ibu dan ayah.



1. Alasan terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil
Memasuki fase awal kehamilan, tubuh ibu akan memproduksi hormon tertentu yang berfungsi untuk melonggarkan atau memperluas jaringan tertentu yang ada pada panggul. Tujuannya tentu saja agar ukuran rahim ibu menjadi lebih besar yang kemudian menjadi tempat bayi akan tumbuh besar sebelum siap dilahirkan. Adapun kadar hormon tiap tiap ibu berbeda sesuai dengan perkembangan janin itu sendiri.

2. Hormon hcg
Alasan selanjutnya dlah karena rahim yang kemudian membentuk plasenta serta menghasilkan hormon kehamilan hcg.  Hormon ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu saat hamil serta menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Dokter kandungan atau bidan biasanya akan menyarankan ibu untuk melakukan pemeriksaan hcg yang memiliki tujuan untuk :
-         Mengonfirmasi adanya kehamilan atau tidak
-         Memprediksi usia kehamilan dan usia janin
-         Mendiagnosis adanya masalah pada kehamilan
-         Mengecek kemungkinan kehamilan kembar
-         Mendeteksi kemungkinan kelainan pada janin
Jika setelah melakukan pemeriksaan dan ditemukan bahwa kadar hcg yang abnormal, maka ada kemungkinan ibu hamil mengalami keguguran.

3. Human placenta lactogen
Tidak hanya hormon hcg, namun plasenta juga memproduksi hormon lain yaitu hpl ketika janin memasuki usia 6 minggu. Hormon ini sangat berguna karena bertugas untuk menyiapkan nutrisi yang dibutuhkan janis untuk dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna. Tidak hanya itu, hormon hpl juga berfungsi sebagai perangsang kelejar susu pada payudara ibu agar menghasilkan asi yang cukup saat melahirkan dan pada masa menyusui.

4. Hormon esterogen
Hormon ini merupakan hormon yang sejatinya sudah ada pada wanita bahkan sebelum wanita tersebut hamil. Namun ketika hamil, hormon ini meningkat jumlahnya. Akibat peningkatan kadar hormon ini, tubuh akan melakukan respon seperti mual serta muntah, perubahan pigmen pada kulit yang terkadang menyebabkan ibu hamil memiliki wajah yang bersinar atau bahkan kusam, dan juga mengalami pusing karena melebarnya pembuluh darah pada masa kehamilan. Hormon ini juga berfungsi untuk memastikan bahwa janin mendapatkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang hingga siap dilahirkan.

5. Progesteron
Sama seperti hormon sebelumnya, hormon progesteron juga merupakan hormon alamiah pada tubuh wanita. Saat hamil, produksi hormon ini meningkat yang akan mengakibatkan munculnya rambut halus pada bagian perut dan payudara ibu, pusing, lemas serta mual. Hormon ini memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk membuat otor0otor pada rahim tetap rileks serta membuat rahim cukup tebal sehingga janin bisa berkembang dengan sempurna. Progesteron juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas atau kekebalan tubuh pada ibu terhadap keberadaan janin dalam tubuhnya.

Itulah Ini 5 Keluhan yang Dirasakan pada Trimester Kehamilan Pertama yang biasanya terjadi pada ibu. Keluhan tersebut karena memang normal khawatir jadi ibu tidak perlu khawatir.  Perbanyak makan buah dan sayur serta multivitamin bila perlu.  Lakukan juga olahraga ringan agar tubuh tetap bugar dan fit selama masa kehamilan.  Jika keluhan dirasakan mulai mengganggu, segera konsultasi ke dokter kandungan atau bidan terdekat.
IKLAN 4
IKLAN 5