Resep Hidangan Ikan Patin Spesial Menggugah Selera

Ikan patin adalah jenis ikan dari air tawar dan yang sering kali dikonsumsi. Selain dari rasanya ikan patin yang enak, dari kandungan gizi jenis ikan satu ini juga cukup tinggi. Dari tekstur dagingnya ikan patin pun lembut serta tidak terlalu banyak juga durinya pada ikan patin tersebut. Selain ikan patin digoreng biasa, anda bisa juga menyantap ikan patin enak ini dengan diolah menjadi ragam masakan. Berikut ini akan dibahas rekomendasi resep untuk masakan lezat ikan patin yang anda bisa jadikan menu harian.

Ikan Patin Spesial Asam Padeh

Anda bisa mencoba memasak ikan patin dengan spesial khas asam padeh. Berikut akan dijelaskan bahan dan cara masak ikan patin tersebut.

Bahan-bahan utama ikan patin spesial asam padeh yang diperlukan

Bahan yang dibutuhkan ialah ikan patin 1/2 kilogram, secukupnya daun kemangi, air dari jeruk nipis 1 buah dan secukupnya garam serta lada. Bahan lain yaitu serai 1 buah yang digeprek, daun salam 1 lembar , lengkuas 1 ruas jari yang digeprek, dan minyak untuk keperluan menumis. Bahan lainnya ialah daun jeruk 1 lembar, asam kandis 1 buah, tomat ukuran 1/2 buah yang diiris.

Bahan halus ikan patin spesial asam padeh

Untuk bumbu halus, maka siapkan bahan bawang merah 5 siung, jahe 1 ruas jari, kemiri 2 buah, cabai rawit 5 buah, bawang putih 3 siung, kunyit 1 ruas jari dan cabai merah 7 buah.

Cara pembuatan ikan patin spesial asam padeh

Anda bisa bersihkan ikan dan dipotong-potong, lalu dilumuri dengan garam serta air jeruk. Diamkan 10 menit dan panaskan memakai sedikit minyak, tumis dengan bumbu halus sampai harum. Masukkanlah serai, lengkuas, daun salam serta daun jeruk dan tambah air secukupnya, lalu kemudian tunggu sampai mendidih. Masukkanlah ikan dan juga asam kandis, dan aduk perlahan 10 menit. Lalu masukkan tomat, daun kemangi, dan kemudian diberi garam serta lada secukupnya.

Ikan Patin Spesial Bumbu Kuning

Anda bisa mencoba juga versi bumbu kuning.

Bahan-bahan sajian ikan patin spesial bumbu kuning yang diperlukan:

Bahannya ikan patin 1 kilogram, bawang bombay 1 siung yang diiris, air dari jeruk nipis 2 buah, daun jeruk 5 lembar, lengkuas 1 ruas, tomat 1 buah dan serai 1 batang. Siapkan juga daun bawang 5 tangkai yang diiris, cabai rawit 12 buah diiris tipis dan minyak untuk keperluan menumis.

Bumbu halus hidangan ikan patin spesial bumbu kuning

Untuk bumbu halus, siapkan bawang merah 15 siung, kemiri 4 butir, bawang putih 7 siung, secukupnya garam serta gula pasir. Bahan halus lainnya kunyit 2 ruas, secukupnya saja penyedap rasa, jahe 1 ruas, secukupnya merica dan ketumbar 1 sdt.

Cara membuat hidangan ikan patin spesial bumbu kuning

Cucilah ikan hingga bersih, dan kemudian dipotong-potong. Lalu selanjutnya, lumuri dengan memakai air dari jeruk nipis, dan sisihkan. Selanjutnya panaskan minyak dan tumislah bawang bombay, masukkan bumbu halusnya, daun jeruk, serai dan lengkuas dan aduk hingga merata. Masak sampai harum, kemudian bisa masukkan ikan, cabe rawit, tomat dan dimasak hingga matang. Lalu yang terakhir, berilah garam, gula, penyedap rasa, serta merica secukupnya. Jangan sampai lupa masukkan daun bawang iris, dan kemudian angkat serta sajikan sajian ikan patin spesial bumbu kuning ini.