Tips Pintar Memilih Baju Imlek Anak

Sebagaimana pada peringatan hari-hari besar yang lain, para orang tua begitu sibuk menyiapkan baju baru untuk anak-anak. Begitu pun dengan perayaan hari Imlek. Mencari baju imlek terbaik supaya anak tampil beda adalah tantangan tersendiri.

Selain baju imlek anak, banyak juga hal-hal lain yang disiapkan oleh para orang tua diantaranya adalah menyiapkan angpao, kue-kue khas imlek dan beberapa aksesoris imlek untuk menghiasi rumah sebagai momentum perayaan hari imlek.

Dibawah ini adalah beberapa tips pintar untuk para ibu-ibu dalam memilih baju imlek untuk anak-anak. Silakan disimak ya.

1. Sesuaikan dengan Kenyamanan Anak

Model baju imlek laki-laki tentu saja berbeda dengan perempuan. Baju imlek buat laki-laki biasa disebut dengan nama Chang San. Chang san adalah baju kemeja dengan kerah khusus tanpa lipatan yang menjadi ciri khas baju imlek. 

Pada awalnya baju chang san ini adalah setelan kemeja dan celana panjang tapi seiring dengan perkembangan zaman saat ini memakai lengan pendek dan bahkan juga celana pendek sesuai dengan trend yang sedang berkembang.

Untuk baju anak laki-laki sesuaikan dengan kenyamanan anak. Apabila anak yang cenderung tidak betah memakai baju panjang karena gerah maka bisa menggunakan setelan baju chang san yang pendek saja.

Sementara untuk baju imlek bagi anak perempuan pada umumnya yaitu baju terusan dengan model lurus memanjang, atau disebut juga baju cheong sam. Untuk trend yang sedang berkembang saat ini, ada pula model dress, rok tutu dan masih banyak lagi yang membuatnya menjadi lebih bervariasi.

2. Pilih Motif dengan Lambang Keberuntungan

Sebagian orang banyak yang memaknai perayaan hari imlek sebagai sebuah keberuntungan. Oleh karena itu dalam tradisi Tionghoa ada beberapa simbol-simbol atau motif tertentu yang melambangkan keberuntungan seperti diantaranya ikan koi, naga, kura-kura, bunga anggrek maupun kerbau. 

3. Pilih Bahan Baju yang Nyaman

Dalam pemilihan bahan untuk baju imlek anak, anda harus memilih bahan baju yang nyaman dipakai. Hindari memilih bahan yang membuat anak gerah dan tidak betah. Bahan yang kurang nyaman ini diantaranya seperti bahan baju satin dan polyester.

Pilih bahan linen supaya baju akan terasa nyaman saat dipakai oleh anak anda. Biasanya bahan yang cenderung panas ini dijual bebas di pasaran dan harganya pun juga sangat murah.

4. Tidak Harus Selalu Warna Merah

Seperti yang kita ketahui bersama, baju imlek memang identik dengan pilihan warna merah. Karena dalam tradisi Tionghoa warna merah ini menyimbolkan kebahagiaan, kesuksesan dan juga keberuntungan.

Namun tidak ada salahnya juga menggunakan baju imlek selain warna merah yaitu warna yang sesuai dengan shio anak anda.

Nah itulah tadi ulasan mengenai tips memilih baju imlek untuk anak anda. Jika anda memilih berbelanja secara online, jangan lupa untuk belanja di Blibli.com saja. Ada banyak diskon-diskon menarik dan yang pastinya free ongkir dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.