Sejarah dan Peraturan Bermain Bola Voli

21.22

elakukan olahraga tentu saja sangat dianjurkan terutama untuk kesehatan. Olahraga akan melatih gerak tubuh sekaligus memperbaiki metabolisme yang sangat berpengaruh pada produktivitas kita sehari-hari. Salah satu olahraga yang menjadi olahraga favorit di dunia adalah bola voli.  Di Indonesia sendiri olahraga bola voli sudah sangat akrab dengan kita bahkan sudah diperkenalkan pada sekolah tingkat dasar.  Ada juga turnamen serta kejuaraan olahraga voli yang juga memperngaruhi perkembangan bola voli di Indonesia.

Namun tahukah anda dari mana asal muasal dari bola voli serta bagaimana perkembanganya di dunia? Kali ini akan hadir artikel tentang Sejarah dan Peraturan Bermain Bola Voli sehingga bisa dikenal seperti sekarang ini. Mulanya bola voli dikenalkan pertama kali oleh William G. Morgan di Amerika Serikat pada tahun 1895. Dahulu permainan ini disebut dengan nama minitonette, namun seiring dengan perkembangan zaman maka perubahan nama dilakukan dan diganti dengan volley ball atau bola voli. Di dunia internasional terdapat organisai khusu yang menaungi olahraga voli yaitu FIVB atau federation internationale de volleyball, sedangkan di Indonesia juga ada federasi sejenis yang bernama PBVSI yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia.

 


Bola voli sendiri dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing tim berisikan 5 pemain bola voli. Peraturan dalam olahraga bola voli sendiri cukup unik karen tidak mengenal batasan waktu pertandingan, melainkan score sebanyak 25 point. Namun pada beberapa pertandingan, olahraga tersebut di anggap selesai apabila salah satu tim telah mrncapai rally point terlebih dahulu.  Adapaun penentuan tim pemenang menggunakan sistem two winning set atau three winning set.

Di dalam permainan bola voli juga terdapat larangan-larangan, yang apabila di langgar termasuk kedalam bentuk pelanggaran. Pelananggaran tersebut antara lain :

  1. Salah satu pemain menyentuh net atau melewati batas tengah dari lapangan voli ketika pertandingan berlansung.
  2. Saat melakukan servis, pemain diarang untuk melewati atau menginjak garis batas di lapangan voli.
  3. Para pemain tidak diperbolehkan untuk menangkan atau melempar bola voli.  Bola voli hanya dapat disentuh setelah bola tersebut terpantul.
  4. Tiap-tiap regu hanya diperkenankan untuk melakukan 1 kali time out di satu babak.

Ukuran dari lapangan bola voli sendiri memiliki standar internasional yaitu 9 meter x 18 meter, dengan ukuran lebar garis batas serang yang treletak di bagian belakang lapangan sekitar 3 meter dari garis tengah. Sedangkan tinggi net untuk pemain putra yaitu 2,43 meter dan pemain putri 2,24 meter. Lebar net yaittu 1 meter serta jarak dari tiang ke garis tepi lapangan berjarak 0,5 meter sampai dengan 1 meter. Demikianlah informasi seputar Sejarah dan Peraturan Bermain Bola Voli hingga akhrinya bisa kita kenal seperti sekarang, untuk mendapatkan artikel lainnya tentang bola voli dan dunia olehraga anda bisa mengunjungi desabola.