Penjelasan Bokeh dan Cara Mendapatkan Foto Bokeh Ala Selebgram

Foto kini sudah menjadi gaya hidup kawula muda, terutama generasi Z. Semuanya berlomba-lomba untuk mendapatkan foto yang terbaik dan diunggah ke berbagai media sosial. Bahkan para pemula rela menggali banyak informasi terkait teknik fotografi dan lainnya melalui gentlemancode.

Salah satu skill dasar foto yang paling banyak dicari adalah menghasilkan foto bokeh ala-ala selebgram. Mungkin banyak dari Anda yang sudah sering mendengar kata bokeh, namun ada juga yang masih asing dengan istilah tersebut. Berikut ini penjelasan bokeh dan cara mendapatkan foto bokeh yang epik!



Pengertian Bokeh

Di dunia fotografi, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah bokeh. Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan bokeh? Pada dasarnya bokeh berasal dari kata “boke” (bahasa Jepang) yang berarti buram, blur atau kabur. 

Sementara dalam dunia fotografi bokeh berarti daerah yang tidak terkena fokus atau terkenal dengan istilah area out of focus karena keterbatasan lensa. Hal ini menyebabkan cahaya yang masuk tidak merata dan hanya fokus pada objek tertentu, sementara bagian lain menjadi blur.

Foto bokeh ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang editor majalah Photo Techniques yang bernama Mike Johnston pada tahun 1997 silam.

Cara Mendapatkan Foto Bokeh

Mendapatkan foto bokeh dengan fokus tajam pada objek sementara bagian lain blur menjadi salah satu kepuasan tersendiri untuk beberapa fotographer. Foto aesthetic ini tentu saja tidak didapatkan begitu saja, namun harus memperhatikan beberapa cara atau tipsnya seperti berikut ini.

1. Gunakan Aperture Terbesar

Diafragma atau bukaan lensa atau aperture yakni ukuran besar atau kecilnya iris lensa yang terbuka dan diukur dengan f-number. 

Gunakanlah f/1,4 ataupun f/1,8 jika objek yang difoto adalah manusia, tanaman atau yang lainnya. Semakin kecil f-number maka semakin besar iris yang terbuka, begitu juga sebaliknya.

2. Atur Panjang Focal

Panjang focal lensa adalah jarak bagian tengah optik lens dengan gambar yang terbentuk dalam sensor kamera (dalam satuan millimeter). 

Atur panjang focal atau focal length lens ke dalam ukuran terpanjang lensa dengan memutar ring lensa sampai batas maksimumnya. Biasanya 200mm atau 55mm.

3. Atur Jarak Objek

Selanjutnya adalah atur jarak lensa dengan objek untuk mengatur tingkat kebokehan yang ingin Anda peroleh. Semakin dekat Anda dengan objek maka semakin blur juga latar atau background sekitar objek.

Mendekatlah dengan objek jika menginginkan foto yang lebih bokeh.

4. Atur Jarak Antara Objek dengan Background

Kunci dari bokeh selain dari pengaturan lensa, jarak juga sangat menentukan kebokehan yang dihasilkan. Tidak hanya jarak lensa dengan objek saja, namun jarak antara objek dengan background juga akan mempengaruhi foto yang akan Anda hasilkan.

Semakin jauh jarak objek dengan background maka semakin blur atau bokeh juga foto yang dihasilkan.

Itu dia penjelasan bokeh dan cara mendapatkan foto bokeh yang keren ala selebgram. Jadi bagaimana, gampang kan membuat foto bokeh? Selamat mencoba!