Tips Renovasi Rumah Minimalis dengan Budget Hemat

20.51

Renovasi pada dasarnya yaitu melakukan perombakan atau perubahan terhadap bangunan rumah baik sebagian ataupun keseluruhan.  Dalam aktivitasan renovasi biasanya dilakukan penggantian material pada rumah, bisa juga melakukan reparasi seperti cat ulang dan lain sebagainya. Biaya renovasi seharusnya tidak semahal biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah.

Bagi anda yang ingin melakukan renovasi rumah, anda bisa melakukan penghematan anggaran hingga 5%, 15%, 50% bahkan seratus persen dengan tetap mempertahankan kualitas serta penyelesaian rencana renovasi yang sudah anda susun. Dan berikut adalah tips renovasi rumah minimalis dengan budget terbatas yang bisa anda coba untuk memangkas pengeluaran :



  1.   Gunakan material yang lama : langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan kembali material lama yang bisa diperbaiki atau tidak didapati kerusakan berlebih.  Misalnya kayu yang masih layak pakai dan tidak lapuk cukup dipelitur atau cat ulang agar terlihat baru kembali.
  2.    Lakukan beberapa hal DIY : DIY atau Do It Yourself adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut kreasi tangan atau buatan sendiri.  Dalam melakukan renovasi mungin ada beberapa hal yang bisa anda lakukan karena pekerjaan tersebut tidak perlu keahlian secara khusus, misalnya saja mengecat dinding.  Tentu hal ini bisa memangkas biaya renovasi rumah, yang akan memperkecil pengeluaran anda.
  3.     Lakukan renovasi pada skala kecil : dalam menghemat biaya renvasi, anda bisa membaginya kedalam 2 skala yaitu skala besar dan skala kecil.  Anda bisa melakukan renovasi kecil jika hanya ingin mengubah suasana baru. Perbaikan kecil tersebut diantaranya :  cat ulang dinding, mengganti pagar besi, menambahkan wallpaper, memberikan tambahan lukisan atau patung, mengganti model gorden dan lain sebagainya. Renovasi kecil tidak hanya menyegarkan pandangan tetapi juga menghemat budget.
  4.     Bersihkan rumah anda : biasanya setelah renovasi maka akan tertumpuk lah puing-puing atau sampah yang tidak digunakan.  Sampah sampah tersebut mungkin saja masih memiliki nilai ekonomis.  Misalnya saja penggantian wastafel atau bak kamar mandi bisa anda juga kembali dengan harga yang murah kepada pengepul barang bekas. Sedangkan untuk reruntuhan bangunan bisa anda jual untuk keperluan orang untuk menimbun atau menutup lubang galian.
  5.    Melakukan renovasi secara bertahap : Jika budget yang anda sediakan terbatas, anda bisa melakukan renovasi secara bertahap pada rumah atau properti anda.

Pada dasarnya penghematan rumah bisa dilakukan melalui hal-hal kecil yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya.  Namun pastikan bahwa anda tidak hanya menghemat namun juga tetap peduli dengan kualitas pembangunan.  Gunakan jasa pekerja bangunan yang terpercaya misalnya untuk wilayah jogja prioritaskan untuk mempekerjakan jasa kontraktor jogja yang handal dan terpercaya, semoga informasi kami bermanfaat, selamat mencoba.