Keunggulan Botol Susu Dr. Brown’s Specialty Feeding System

Bayi yang lahir dengan kondisi cleft lip (bibir sumbing), tongue-tie, atau kelainan tulang kepala lainnya biasanya akan mengalami kesulitan saat minum susu, baik breastfeeding maupun melalui botol susu. Untuk itu, Dr. Brown’s Specialty Feeding System hadir sebagai solusi yang tepat.

Botol susu ini dirancang untuk memudahkan bayi berkebutuhan khusus saat minum sehingga mereka bisa mendapatkan nutrisi yang sama seperti bayi pada umumnya. Lalu, botol bayi yang bagus merk apa sih? Untuk mengetahui botol susu yang recommended, mari simak ulasan berikut ini:

Review Dr. Brown’s Specialty Feeding System

Dr. Brown’s specialty feeding system merupakan botol susu bayi yang didesain secara khusus oleh para ahli untuk membantu bayi-bayi yang berkebutuhan khusus seperti bibir sumbing (cleft lip), tongue-tie, kelainan tulang kepala, dan bayi yang lahir prematur.

Dengan hadirnya botol susu ini, bayi-bayi yang terlahir istimewa tetap bisa menyusui dengan nyaman dan tanpa kesulitan. Botol susu satu ini tersedia dalam ukuran 120 ml lengkap dengan dot level 1 yang cocok digunakan oleh bayi usia 0 sampai 3 bulan.

Setiap pembelian botol specialty feeding system ini juga sudah disediakan cleaning brush untuk membersihkan botol, internal vent system, dan bagian-bagian botol kecil lainnya. Dengan begitu, kebersihan botol susu si Kecil akan selalu terjaga dan tetap higienis.

Dr. Browns specialty feeding system ini juga memberikan pengalaman minum yang nyaman bagi si Kecil seperti ketika mereka menyusu melalui payudara ibu. Dengan disematkannya fitur-fitur unggulan, botol susu Dr. Brown’s dapat mencegah kolik, kembung, mual, dan mengurangi risiko bayi tersedak.

Fitur pada Botol Dr. Brown’s Specialty Feeding System

Setelah memahami secara garis besar mengenai botol susu Dr. Brown’s model ini, berikut ini beberapa fitur unggulan yang terdapat pada botol susu specialty feeding system Dr. Brown’s:

1.      Internal Vent System

Internal vent system merupakan ciri khas dari  Dr. Brown’s, tak terkecuali dengan seri specialty feeding system. Fitur satu ini berfungsi untuk memisahkan antara jalur udara dengan cairan susu sehingga membantu mencegah kolik, kembung, mual, dan masuk angin pada bayi.

Internal vent system akan mengeliminasi atau menghilangkan tekanan dan gelembung udara dan menghilangkan nipple yang kempis. Fitur ini juga dapat mengatur aliran cairan susu yang keluar dari nipple sehingga bisa stabil dan konstan sesuai dengan kekuatan isapan si Kecil.

Internal vent system ini juga bisa dilepas pasang sehingga nantinya ketika si Kecil sudah mulai memasuki usia 6 bulan dan sudah diperkenalkan dengan MPASI, Moms bisa melepaskannya karena si Kecil sudah bisa mengatur ritme isapan.

2.      Infant Paced Feeding System

Fitur selanjutnya yang disematkan pada Dr. Browns specialty feeding system yaitu infant paced feeding system. Teknologi yang mendapat dukungan penuh dari CLAPA (Cleft Lip and Palate Association) ini dirancang khusus agar bayi berkebutuhan khusus lebih mudah saat minum susu melalui botol.

Fitur infant paced feeding valve pada botol susu Dr. Brown’s specialty feeding ini akan membantu si Kecil yang memiliki daya isap tidak seperti bayi pada umumnya tetap bisa minum susu dengan nyaman sesuai dengan ritme isapan mereka.

3.      Medical Grade Silicone Nipple

Nipple atau dot merupakan item penting pada botol susu bayi terutama bagi si Kecil yang memiliki kebutuhan khusus. Untuk itu, Dr. Brown’s menghadirkan botol susu dengan medical grade silicone nipple level 1 yang cocok digunakan bayi berkebutuhan khusus.

Dot ini terbuat dari 100% bahan silikon yang lembut dan elastis sehingga aman dan nyaman digunakan si Kecil. Dot botol susu ini juga membantu menciptakan proses pelekatan (latch-on) yang sempurna, sehingga mencegah si Kecil menelan udara yang bisa membuat perutnya menjadi kembung.

Tingkatan level pada dot ini berfungsi untuk menjaga ritme isapan bayi. Nantinya, ketika kemampuan isapan si Kecil sudah mulai meningkat, Moms bisa mengganti level dot yang lebih tinggi.

Dot pada botol susu ini juga menggunakan sistem aliran natural (natural flow), sehingga cairan yang keluar berupa bulir-bulir. Cara kerja dot ini mengadaptasi dari cara kerja payudara sehingga mengurangi risiko bayi bingung saat minum susu.

4.      Leher Botol Ramping

Botol susu Dr. Brown’s satu ini dirancang dengan bentuk leher botol yang ramping sehingga mudah disimpan dan dibawa ke dalam tas perlengkapan si Kecil. Selain body botolnya yang ramping, bentuk dot yang digunakan juga ramping sehingga memudahkan bayi untuk mengisap cairan susu.

5.      BPA Free

Semua produk peralatan bayi Dr. Brown’s sudah teruji secara klinis dengan bahan material yang bebas dari Bisphenol-A (BPA Free). Bisphenol-A ini merupakan salah satu bahan kimia sintetis yang biasanya dipakai untuk pembuatan produk plastik.

Menurut sejumlah ahli dan pakar kesehatan, penggunaan bahan kimia BPA ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, gangguan otak, kelainan organ hati, dan kanker.

Untuk itu, Dr. Brown’s memilih material Polypropylene (PP) kode 5 sebagai bahan botol dan pembuatannya yang berada di bawah pengawasan para ahli dari USA, sehingga dijamin aman untuk kesehatan si Kecil.  

6.      Free Cleaning Brush

Ketika membeli produk botol susu Dr. Brown’s specialty feeding system, Moms akan mendapatkan 1 buah cleaning brush atau sikat pembersih botol. Dengan adanya sikat khusus ini, Moms bisa membersihkan seluruh bagian botol sampai ke bagian terkecil sekalipun.

7.      Travel Disk

Semua produk botol susu Dr. Brown’s tak terkecuali dengan seri specialty feeding system sudah dilengkapi dengan travel disk. Fitur satu ini bertujuan untuk mencegah cairan susu keluar dari nipple. Dengan begitu, botol menjadi lebih aman dan tidak bocor saat dibawa bepergian.

Cara Membersihkan dan Sterilisasi Botol Susu yang Benar

Kebersihan botol susu dan peralatan bayi lainnya adalah hal terpenting yang wajib diperhatikan. Membersihkan dan mensterilkan botol si Kecil harus dilakukan dengan benar dan tepat agar terbebas dari kuman/bakteri. Berikut ini cara membersihkan dan mensterilkan botol bayi yang tepat:

  • Pertama, cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun selama 20 detik, kemudian bilas kedua tangan di bawah air mengalir untuk memastikan tangan bersih dan bebas kuman/bakteri.
  • Setelah itu, pisahkan semua bagian botol mulai dari badan botol, nipple, tutup, katup, internal vent system, dan bagian botol lainnya.
  • Gunakan sabun dan sikat khusus untuk mengurangi risiko kontaminasi kuman/bakteri.
  • Bilas menggunakan air hangat sambil digosok seluruh permukaan botol agar benar-benar bersih.
  • Bersihkan juga bagian nipple, lalu peras agar air keluar melalui lubang nipple agar tidak ada kotoran yang tertinggal atau tersangkut di nipple.
  • Bilas kembali semua bagian botol di bawah air yang mengalir dan tiriskan. Usahakan untuk tidak mengelapnya dan biarkan botol mengering dengan sendirinya.
  • Untuk memastikan botol benar-benar bersih dan bebas dari kuman/bakteri, Moms bisa mensterilkan botol dan peralatan bayi lainnya dengan Dr. Brown’s deluxe electric steam sterilizer.

Penjelasan tentang Dr. Brown’s specialty feeding system di atas bisa dijadikan sebagai referensi bagi Moms yang mencari produk botol susu untuk bayi berkebutuhan khusus. Lalu, berapa harga botol susu Dr. Brown’s? Tenang saja Moms, harga botol Dr. Brown’s pastinya tetap ramah di kantong.