Tips Memilih Pipa PVC Sesuai Kebutuhan

10.29

Pipa memiliki peran penting dalam sebuah bangunan karena seperti yang kita tahu bahwa setiap bangunan membutuhkan pipa air untuk menyalurkan atau mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainya. Oleh sebab itu, pipa air ini memiliki peran yang sangat penting.

Ketika membutuhkan pipa air, selanjutnya ialah tahap pemasangan. Pada saat memasang pipa air, tentunya kamu membutuhkan ukuran pipa pvc yang berbeda-beda. Jadi, kamu juga bisa menyesuaikan kebutuhan pipa dengan kebutuhan kamu.



Meskipun terlihat sepele, namun untuk memilih pipa pvc perlu ketelitian khusus agar bisa membeli sesuai kebutuhan dan tidak mubadzir. Nah berikut akan kami bagikan beberapa tips memilih pipa pvc sesuai kebutuhan yang bisa kamu lakukan:

1.      Melihat Kekuatan Pipa

Tips yang pertama ialah dengan cara melihat kekuatan pipa. Seperti yang kita tahu bahwa setiap pipa tentunya memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sebelum membeli pipa, sebaiknya lihatlah dulu kekuatan pipa yang kamu beli tersebut.

Jika semakin tebal pipa, semakin tinggi pula daya tekanan air yang mana bisa kamu gunakan aliran yang sangat deras. Begitu pula sebaliknya. Apalagi jika kamu memilih jenis pipa yang berkualitas, tentunya semakin mahal juga harganya. Namun kualitas yang didapatkan sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Perlu kamu ketahui bahwa pipa pvc ini digunakan untuk mengalirkan air yang mempunyai kekuatan yang lebih tinggi jiak dibandingkan dengan jenis pipa lainya.

2.      Sesuaikan Ukuranya

Tips yang kedua ialah sesuaikan dengan ukuranya. Jadi sebelum membeli pipa air, sebaiknya sesuaikan dulu dengan ukuran yang kamu mau. Untuk setiap ruangan biasanya juga tidak sama untuk ukuran yang dibutuhkan. Jadi tergantung dengan volume air yang nantinya akan ditampung.

Setiap bangunan tentunya membutuhkan ukuran yang berbeda, seperti contoh bangunan gedung tentunya berbeda dengan bangunan rumah. Oleh sebab itu, kamu harus menyesuaikan ukuran pipa yang akan digunakan.

3.      Sesuaikan Sambungan dan Perekat

Untuk ukuran pipa pvc ini berdiameter 4 meter. Untuk bangunan membutuhkan pipa lebih dari itu. Oleh sebab itu, kamu juga membutuhkan sambunganya dan juga perekatnya karena memang pada saat pemasangan menggunakan beberapa batang pipa pvc untuk saluran airnya.

Dengan begitu, kamu harus bisa memilih perekat yang tepat agar bisa merekat satu sama lainya dan yang paling penting ialah untuk menghindari kebocoran air  yang bsia mempengaruhi struktur bangunan.

Oleh sebab itu, sebelum membeli sebaiknya bertanya-tanyalah terlebih dahulu kepada ahlinya atau kamu juga bisa langsung bertanya kepada penjualnya secara rinci atau kamu juga bisa membeli di toko yang sama agar sambungan dna perekatnya cocok satu sama lain.

Selain itu, setiap jenis pipa juga memiliki ukuran dan harga yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sesuaikan pipa, sambungan dan perekatnya agar tidak mubadzir.