5 Cara Menemukan Kartu ATM Yang Hilang

Jika Anda adalahs seorang pengguna kartu ATM BRI, Anda tentu wajib mengetahui cara melacak kartu ATM BRI yang hilang. Hal ini juga berlaku pada pengguna ATM dengan jenis bank lainnya. 


Kartu ATM yang hilang bisa saja memiliki risiko hilangnya uang Anda di dalam tabungan yang telah Anda kumpulkan selama ini, terlebih jika si penemu tahu nomor PIN ATM Anda. 


Untuk itu, Anda diwajibkan untuk merahasiakan informasi tentang nomor PIN ATM sekalipun pada orang-orang terdekat Anda, agar hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi. 


Lantas ketika kartu ATM menghilang, bagaimana cara menemukannya? 



Cara Menemukan Kartu ATM yang Hilang

Dikutip dari bussines.co.id, sebenarnya tak ada cara yang benar-benar ampuh untuk menemukan kartu ATM Anda yang hilang, kecuali kartu ATM tersebut terselip di area rumah atau terjatuh di area sekitar Anda berada. 


Alih-alih mencoba untuk menemukannya, Anda bisa membuatnya lagi di bank terdekat. Namun sebelum membuatnya, pastikan Anda tak buru-buru panik, lalu melakukan hal berikut agar saldo di dalam ATM Anda tetap aman dan tak disalahgunakan orang tak bertanggungjawab. 


  1. Cek mutasi rekenening dengan aplikasi M-banking di ponsel

Untuk melihat apakah ada orang tak dikenal menggunakan kartu ATM Anda, Anda bisa memeriksanya melalui pilihak cek mutasi rekening. 


Mutasi rekening akan merekam sejarah transaksi yang pernah dilakukan melalui ATM Anda.


  1. Pindahkan uang dan blokir ATM


Jika ada transaksi yang mencurigakan dan tidak pernah Anda lakukan setelah ATM Anda hilang, maka segera pindahkan saldo pada rekening lain yang aman dan lakukan pemblokiran pada kartu ATM tersebut.


  1. Telepon ke call center bank Anda 

Pastikan Anda memiliki pulsa untuk melakukan panggilan. Umumnya panggilan call center pada bank-bank tertentu bukanlah panggilan yang bersifat bebas pulsa. 


Setelah Anda tersambung dengan petugas call center bank Anda, Anda akan ditanyai sejumlah hal, misalnya nama ibu Anda, nomor rekening, dan lain sebagainya untuk proses ferivikasi data. 


Jika sudah, ATM Anda akan diblokir dan tak akan ada seorang pun yang bisa menggunakannya lagi termasuk Anda. Karena hal ini, carilah ATM Anda dengan seksama sebelum melakukan pemblokiran. 


  1. Buat surat kehilangan di kantor polisi terdekat

Setelah nomor berhasil terblokir, segeralah mengunjungi kantor polisi terdekat untuk membuat surat kehilangan.


Surat kehilangan ini menjadi salah satu syarat yang digunakan untuk mendapatkan kartu ATM pengganti yang bisa didapatkan di bank tempat Anda membuat ATM atau di bank cabang pusat.


  1. Buat kartu Baru di Bank yang Anda gunakan

Setelah mendapatkan surat kehilangan dari kantor polisi, Anda dapat mengajukan pembuatan kartu ATM pengganti kartu Anda yang telah hilang. 


Selain kartu kehilangan, Anda juga akan membutuhkan kartu pengenal seperti Surat Izin Mengemudi atau Kartu Tanda Penduduk. Anda juga diwajibkan untuk membawa buku tabungan. 


Yang perlu diingat adalah bahwa sejumlah bank mewajibkan Anda untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan kartu ATM baru. 


Sekian penjelasan kami mengenai cara menemukan kartu ATM yang hilang. Saran dari kami adalah, jika kartu ATM tersebut hilang di area yang jauh dari posisi Anda, Anda lebih baik segera melakukan pemblokiran, dari pada terus mencarinmya. Semoga Anda tetap aman dan selamat mencoba!