Pengertian dan Jenis-Jenis Bar yang Ada di Dunia

Bar merupakan tempat atau konter yang menyajikan minuman beralkohol seperti beer, wine, liqeur, dan coktails untuk diminum di tempat. Bar biasanya berada dalam satu bagian dari Food and Beverage Departemen yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan biasanya terdapat dalam sebuah hotel ataupun berdiri sendiri. 

Pengertian bar lainnya dapat diartikan sebagai Counter Desk atau meja pemisah antara pembuat minuman dengan tamu bar yang duduk di atas kursi bar. Jadi setiap kali pengunjung datang maka langsung memesan dan menerima pesanan langsung di meja yang didudukinya.

Untuk memperjelas apa itu Bar, berikut ini ulasan lengkap dan jenis-jenis Bar yang ada di seluruh penjuru dunia yang wajib Anda ketahui sebagaimana yang dikutip dari situs https://hotelier.id/.

Jenis-Jenis Bar yang Ada di Dunia



Beberapa negara memiliki beragam jenis bar yang berbeda satu sama lain. Meskipun memiliki konsep yang sama yaitu meja pemisah antara bartender dan tamu, bar di dunia memiliki jenis-jenis tersendiri.

Dari konsep yang dihadirkan dalam setiap Negara, berikut ini beberapa jenis Bar yang bisa Anda ketahui.

  • Shunken Bar

Bar ini merupakan model ruang terbuka yang biasanya terdapat di dekat kolam renang yang menyediakan berbagai minuman seperti beer, soft drink, dan minuman beralkohol dalam jumlah terbatas.

  • Mini Bar

Bar ini berada di dalam kamar hotel dengan sajian minuman alkohol dalam bentuk kecil yang ditata di atas meja. Mini bar dilengkapi freezer kecil untuk menyimpan minuman lain, sehingga tamu dapat mengambilnya sendiri.

  • Lounge Bar

Bar ini bisanya terdapat dalam hotel dengan tempat yang luas dan memanjang. Bar ini sangat cocok untuk tamu yang ingin rileks sambil mendengarkan musik. Biasanya lounge bar berada di ruangan tertutup dengan dilayani oleh bartender dan beberapa waiter.

  • Expresso Bar

Bar yang terdapat di pelabuhan laut dan udara. Bar ini berasal dari Italia. Biasanya menjual kopi atau es krim.

  • Privat Bar

Bar ini merupakan bar pribadi yang biasanya dimiliki oleh orang-orang berada. Minuman yang terdapat di bar ini tidak selengkap di bar pada umumnya, tergantung koleksi pemilik bar. Pelayanannya dilakukan sendiri oleh pemilik.

  • American Bar

Bar yang menyediakan berbagai macam minuman lengkap dengan dekorasi yang eksklusif dan mewah. American bar memiliki bartender dan waiter yang profesional dengan coctail lounge yang luas. Pengunjung bar ini biasanya berasal dari kalangan menengah atas.

  • Portable Bar 

Bar ini sifatnya berpindah-pindah dengan ukuran kecil yang dilengkapi dengan roda yang dibuat khusus untuk cocktail party atau garden party. Bar ini dapat dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Bar ini berupa counter yang diberi roda atau gabungan beberapa meja yang digabung dan diatur membentuk sebuah counter.

Itulah pembahasan mengenai pengertian bar dan beberapa jenis bar yang terdapat di dunia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.