Rabu, 22 Maret 2017

3 Tips Memilih Baju Batik Murah Namun Tetap Berkualitas



Batik adalah warisan budaya asli Indonesia yang sekarang ini makin mendunia. Jika dahulu hanya kalangan tertentu saja yang memakai batik, kini hampir semua orang memiliki jenis pakaian batik. Jenisnya pun kian beragam, mulai dari kebaya, busana muslim, baju formal, hingga gaun pengantin dapat dibuat dengan motif batik.

Bisa dikatakan perkembangan baju batik amat pesat hingga dapat diminati oleh semua kalangan. Berbagai desain modern juga mewarnai aneka jenis pakaian batik yang tidak lagi hanya diminati orangtua, tapi juga diminati oleh anak muda.

Beragam batik tentu dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari yang sangat mahal, hingga yang paling murah. Soal harga tentu dipengaruhi oleh kualitas, keunikan desain, dan juga tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Banyak pula baju batik yang dijual dengan harga di bawah 100 ribu dengan kualitas lumayan. Namun, sebelum membeli baju batik berharga murah sebaiknya kita perhatikan dahulu beberapa tips berikut ini:


1. Bahan Kain yang Digunakan

Biasanya, baju batik dengan kualitas bagus memiliki tekstur bahan yang halus dan kuat. Memilih baju batik murah yang berbahan katun akan membuat Anda lebih nyaman saat mengenakannya. Ada pula baju batik yang berbahan kain paris, tekstur bahannya agak lemas, halus, dan terasa sejuk saat dikenakan.

Baca juga: Cara Mudah Supaya Tidak Tertipu Saat Belanja Baju Online


2. Kerapihan dan Kekuatan Jahitan

Ketika ingin membeli baju batik murah namun dengan kualitas yang baik, maka kita harus lebih teliti saat memilih. Cek kerapihan dan kekuatan jahitannya. Pakaian yang berkualitas tentu saja memiliki jahitan yang sangat rapi dan kuat.


3. Keunikan Motif dan Keawetan Warna

Anda tentu menginginkan baju batik yang motifnya unik dan menarik. Batik modern tentu saja memiliki motif yang lebih bervariasi dan biasanya pengembangan dari ‘pakem’ yang ada.

Sedangkan untuk kualitas warna, memang sedikit sulit untuk membedakannya. Sebab, untuk mengecek kualitas warna pakaian, kita harus melakukan pencucian beberapa kali, barulah kita dapat mengetahui mana baju dengan kualitas warna yang bagus dan tidak. Baju batik yang bagus tentunya warna tidak cepat pudar, terlihat padat, dan tidak luntur saat direndam.


Demikian tips-tips dari kami saat Anda ingin membeli baju batik murah yang bagus dan berkualitas. Di samping ketiga tips di atas, tentu saja perihal ukuran dan kenyamanan penting untuk diperhatikan.

Meski baju batik yang dibeli berharga murah, namun Anda akan tetap merasa percaya diri saat mengenakannya apabila baju tersebut nyaman dipakai, warnanya sesuai dengan jenis kulit, dan pas sesuai ukuran.

3 Tips Memilih Baju Batik Murah Namun Tetap Berkualitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: