Minggu, 18 Juni 2017

Perbedaan Dua Situs Belanja Raksasa Dunia, Amazon dan eBay



Perbedaan Dua Situs Belanja Raksasa Dunia, Amazon dan eBay
eBay dan Amazon merupakan dua situs belanja yang sangat populer di dunia. Keduanya menyajikan banyak kemudahan bagi para pebelanja online, salah satunya ialah Anda tidak perlu repot jauh-jauh mendatangi penjual untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Namun, mungkin ada beberapa dari Anda yang masih bingung mengenai perbedaan antara kedua situs tersebut. Dan berikut ini akan kami bagikan sedikit ulasan mengenai dua situs e-commerce raksasa dunia tersebut.

Sejumlah poin yang membedakan Amazon dan eBay antara lain:

- Amazon merupakan toko online yang hampir sama dengan toko biasa. Mereka benar-benar memiliki stok produk untuk dijual.

- Sementara eBay bukanlah toko online, situs ini merupakan sebuah website jual-beli yang berfungsi sebagai media perantara antara penjual dan pembeli.

Baca juga: Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble)

- Layaknya sebuah toko, Amazon memberikan sejumlah pelayanan dan jaminan kepada para pelanggannya. Termasuk bila pembeli mendapati barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan deskripsi atau ada barang rusak yang sesuai ketentuan garansi, maka pembeli dapat menukarkannya kepada Amazon.

- eBay merupakan situs yang menyediakan jasa bagi para penggunanya yang ingin membeli atau menjual barang miliknya. eBay hanya berlaku sebagai sarana atau media untuk mempertemukan orang-orang yang ingin membeli atau menjual barang baik dalam kondisi baru maupun bekas. eBay tidak terikat secara hukum apabila terjadi transaksi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

- Amazon lebih terjamin keamanannya dari tindak penipuan karena semua barang dan penjual telah diseleksi dan terverifikasi secara ketat. Sedangkan eBay, orang bebas berjualan di situs ini tanpa adanya verifikasi yang lebih ketat sehingga risiko terjadinya penipuan masih cukup besar.

- Sebagian besar produk yang dijual di Amazon merupakan produk baru, meski ada juga beberapa produk yang ada secara berkesinambungan. Pembeli mendapat jaminan yang sama terhadap barang yang dibelinya seperti bila orang membeli di toko biasa secara offline. Harga yang ditawarkan pun tidak terpaut jauh dengan harga pasaran.

- Banyak barang yang dijual di eBay adalah produk lama atau bekas yang telah digunakan dan orang menjualnya karena sudah tidak terpakai atau ingin menggantinya dengan barang yang baru. Bisa dikatakan eBay layaknya pasar barang bekas dengan media melalui internet.

Baca juga: Ingin Belanja Online Dari Situs Luar Negeri? Begini Caranya

- Barang-barang di eBay tidak bergaransi atau tidak ada jaminan, sekalipun ada biasanya hanya dari si penjual atau berupa garansi personal. Namun, barang-barang di eBay memang memiliki harga yang jauh lebih murah. Itulah mengapa eBay cocok bagi Anda yang ingin membeli barang-barang dengan harga murah sesuai dengan kebutuhan.


Demikian beberapa poin penting yang membedakan antara Amazon dan eBay, masing-masing memiliki keunggulan sendiri. Pilihan tetap berada di tangan Anda, belanjalah sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Dua Situs Belanja Raksasa Dunia, Amazon dan eBay Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: