Daftar 14 Mall Ternama di Kota Surabaya

Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Surabaya dan ingin mencari tempat perbelanjaan di sekitar tempat Anda singgah, berikut kami akan bagikan daftar mall dan tempat-tempat belanja di daerah Surabaya. Anda dan keluarga dapat mengunjungi salah satu atau beberapa tempat perbelanjaan yang menurut Anda menarik.


1. City of Tomorrom (CITO)

Bila Anda baru saja tiba di Kota Surabaya dari terminal Purabaya atau Bandara Juanda maka akan ada bangunan megah di salah satu sudut Bundaran Waru yang menyambut Anda.

Mall dengan konsep superblok yang terdiri dari kondominium, mall, universitas, dan perkantoran yang dikelola oleh Lippo Group ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya bagian selatan.

Baca juga: 17 Lokasi Kawasan Perbelanjaan Murah di Kota Jakarta

Di tempat ini juga terdapat Perguruan Tinggi Swasta ternama, yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH). Daftar tenant terkenal yang ada di CITO di antaranya Matahari Department Store, Hypermart, J-Co, Papa Ron’s, First Media, dan banyak lagi.


2. Jembatan Merah Plaza

Jembatan Merah Plaza berada di Surabaya wilayah utara, dekat dengan Pelabuhan Tanjung Perak dan Polrestabes Surabaya. Tempat ini layaknya ITC Cempaka Mas yang ada di Jakarta, banyak penjual pakaian dan pernak-pernik tersedia di sini.


3. Hi-Tech Mall

Hi-Tech Mall ini dulunya bernama THR Mall. Mall ini adalah pusat perbelanjaan yang khusus menjual berbagai macam komputer dan perlengkapannya. Hi-Tech Mall juga menyediakan berbagai aneka, handphone, tablet, software original, dan berbagai barang yang berhubungan dengan komputer.

Kalau di Jakarta ada Mangga Dua Mall atau Harco Mangga Dua, sedangkan di Surabaya ada Hi-Tech Mall. Tak hanya itu, di sini juga terdapat Ramayana Supermarket untuk Anda yang ingin berbelanja pakaian atau kebutuhan rumah tangga.


4. BG Junction Mall

BG (Bubutan Golden ) Junction merupakan pusat perbelanjaan aneka furniture, berbagai merek furniture tersedia di tempat ini dengan lengkap. Lokasinya berada di sebelah utara Kota Surabaya, tepatnya di daerah Blauran, arah Tanjung Perak, sebelum Tugu Pahlawan. Hartono Elektronik merupakan salah satu tenant terkenal ada di tempat ini.


5. Pakuwon Trade Centre (PTC)

Pakuwon Supermall atau Pakuwon Trade Center merupakan kompleks mall terbesar di Surabaya sebelah barat. Developer ternama Citraland menjadi pengembang dan pengelola tempat yang super besar dan benar-benar lengkap ini.

Di PTC ini terdapat perumahan elite, pertokoan, apartment, mall, trade center, golf range, dan superblok. Beberapa tenant ternama yang ada di tempat ini di antaranya Ace Hardware, Gramedia, dan Hypermart.


6. Plaza Marina

Satu lagi plaza yang cocok untuk Anda penggila Smartphone dan Gadget, yaitu Plaza Marina. Di tempat ini tersedia aneka jenis Ponsel, Smartphone, tablet, maupun gadget elektronik lainnya. Tapi, Anda harus lebih jeli dalam melihat harga yang ditawarkan, karena tidak sedikit counter yang menawarkan harga agak mahal di tempat ini.


7. Maspion Square

Maspion merupakan pusat perbelanjaan yang berlokasi di Surabaya sebelah selatan. Tepatnya, di daerah Wonocolo, Jalan Frontage Road Ahmad Yani. Bila Anda sedang mencari aneka furniture, mall ini adalah tempat yang cocok. Selain itu, beragam produk fashion seperti baju batik, tas, dan sepatu juga tersedia di Maspion Square.

Tempat parkir di area ini cukup luas, sehingga dapat menampung padatnya kendaraan saat hari libur. Tempat ini juga terkenal dengan tempat jual-beli mobil bekas. Anda dapat menemukan deretan mobil bekas yang dijual baik secara tunai ataupun kredit di bagian depan mall Maspion Square. Cari tempat makan? Banyak kok, tersedia di dekat pintu masuk mall.


8. Surabaya Town Square (SUTOS)

Kalau di Jakarta, mall seperti SUTOS ini layaknya La Piazza Kelapa Gading. Konsepnya mirip dengan Matos atau Citos, karena memang berasal dari pengembang yang sama. SUTOS buka hingga larut malam, kadang bila ada event tertentu bisa tutup sampai jam 1 malam.

Di Surabaya Town Square juga sering diselenggarakan pagelaran musik, konser, ataupun acara nonton bareng MotoGP dan pertandingan Final Sepakbola.

Sebaiknya Anda memesan tempat terlebih dahulu bila ingin datang untuk acara Nonton Bareng karena tempat ini selalu ramai dikunjungi para pecinta olahraga di Surabaya.


9. Tunjungan Plaza

Plaza dengan 4 bangunan yang saling terhubung (TP1-TP4) ini merupakan kompleks perbelanjaan terluas dan paling populer di Surabaya. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib disinggahi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Lokasinya di daerah Blauran dan berbatasan dengan Surabaya Utara.

Hampir semua barang kebutuhan bisa Anda temukan di tempat Tunjungan Plaza, mulai dari fashion, elektronik, kuliner, bioskop, game centre, karaoke, hotel, gallery, hingga tempat hiburan malam. Anda akan kesulitan mencari slot parkir bila berkunjung pada masa liburan atau high season. Bahkan, seringkali jalan di sekitar tempat ini menjadi macet hingga ke Jalan Basuki Rahmat.


10. Royal Plaza

Royal Plaza sebenarnya belum lama berdiri, tapi cukup direkomendasikan bagi Anda yang ingin berwisata belanja ke Kota Surabaya. Dengan konsep modern dan fasilitas yang lengkap, beberapa tenant ternama tersedia di tempat ini seperti Ace Hardware, Matahari Department Store, Gramedia, dan Richeese Factory.

Anda bisa menemukan menu kuliner yang lengkap di tempat ini, karena terdapat foodcourt yang sangat luas. Selain itu, di Royal Plaza juga terdapat tempat refreshing dan hiburan malam untuk Anda yang ingin spa atau pijat.

Ketika hari libur tiba, mall ini sangat ramai dikunjungi oleh warga Surabaya bersama teman atau keluarganya sehingga akan membuat Anda cukup kesulitan untuk menemukan tempat parkir di sini.


11. Pusat Grosir Surabaya (PGS)

Nah, ini dia tempat tepat bagi Anda yang ingin kulakan barang-barang kebutuhan pribadi dan rumah tangga di Surabaya. Pusat Grosir Surabaya atau sering disebut PGS ini adalah salah satu pusat perbelanjaan yang paling ramai dikunjungi oleh warga Surabaya.

Letaknya berada di Jl. Dupak No 1 atau Jl Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Tersedia beragam jenis barang kebutuhan pribadi dan rumah tangga yang bisa Anda belanjakan dalam skala besar untuk keperluan perdagangan.

Namun, Anda harus lebih waspada ketika berkunjung ke tempat ini. Ramainya pusat perbelanjaan kerap kali dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan, jadi jaga barang-barang bawaan Anda seperti dompet, tas, maupun perhiasan ketika berkunjung ke tempat ini.

Datanglah lebih awal saat jam buka atau sekitar jam 9 pagi bila tidak ingin menghadapi ruwetnya tempat parkir di PGS.


12. Pakuwon Indah Supermall

Supermall Pakuwon Indah (SPI) adalah mall yang bisa dibilang sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya bagian barat.

Bangunan berlantai tiga yang dibuka pada tahun 2003 ini memiliki luas 90 ribu meter persegi. Tersedia berbagai macam kebutuhan fashion, elektronik, dan rumah tangga dengan konsep modern dan komprehensif memberikan kenyamanan bagi para pengunjung saat berbelanja di tempat ini.


13. Galaxy Mall

Semenjak didirikan pada tahun 1995, Galaxy mall telah menjadi pusat perbelanjaan terbesar di Kota Surabaya bagian timur. Terdiri dari bangunan 5 lantai yang terdapat tenant-tenant berskala nasional maupun internasional.

Dengan konsep “one stop shopping”, Galaxy Mall tentunya akan memudahkan para pengunjung dalam berbelanja segala kebutuhan di satu tempat saja.


14. World Trade Center Surabaya

Mall yang biasa disebut WTC Surabaya ini merupakan pusat perbelanjaan dengan produk-produk utamanya berupa ponsel, smartphone, komputer, laptop, kamera, dan aneka gadget.

Di bangunan berlantai 6 ini, menjadi tempat bagi para Provider seluler, Service Center produk smartphone, dan penjual aneka aksesoris ponsel. Di tempat ini ada juga tempat makan dan minimarketnya juga lho.

Minimarket dan warnet dengan akses kecepatan yang super ngebut dari Urgent Store akan melengkapi kebutuhan data Anda dengan jam pelayanan hingga jam 12 malam.


Demikian informasi mengenai daftar tempat-tempat perbelanjaan dan mall yang populer di Kota Surabaya. Silahkan kunjungi beberapa tempat tersebut, dan selamat berbelanja!