SurveyMonkey vs Google Forms, Mana yang Bagus?

15.52

Saat ini tentu saja banyak aktivitas online yang kita lakukan tidak hanya yang berhubungan dengan hiburan tetapi juga dengan pekerjaan.  Perusahaan sering menggunakan survey online yang bertujuan untuk melihat respon sekaligus tanggapan pelanggan tentang produk mereka.  Banyak pula pihak akademisi yang menggunakan survey online untuk menyelesaikan berbagai tugas atau materi pembelajaran. 

Survey online dinilai lebih mudah karena bisa memperoleh jangkauan yang lebih luas dan tentu saja lebih hemat biaya.  Sedangkan survey konvensional lebih menyita waktu dan tenaga karena harus membagikanya satu per satu, biaya yang dibutuhkan juga cukup banyak terutama untuk file atau dokumen.  Dalam melakukan survey online, platform yang paling banyak digunakan yaitu surveymokey serta google forms.  Lantas timbul pernyataan diantara SurveyMonkey vs Google Forms, Mana yang Bagus? Berikut ulasan lengkapnya :



 1.      Google forms

Adalah aplikasi besutan google yang bisa anda dapatkan secara gratis. Cara membuat google form sendiri sangat mudah karena anda hanya memerlukan akun google anda untuk dapat menikmati google form.  Satu form yang anda buat pada google form mampu dinilai dan diisi oleh seluruh orang dipnjuru dunia. Untuk dapat mengisi google form, responde tidak perlu memiliki akun google karena sifatnya umum.  Pengisian form dari google form sendiri bisa dilakukan dimana saja dengan perangkan yang kompetible seperti komputer, laptop bahkan melalui ponsel pintar.

Dengan menggunakan google form, pengguna bisa mmebuat serta mengirimkan survey melalui email atau surat elektronik serta mengunggahnya melalui penggunaan google drive.  Tetapi google form tidak menyediakan media untuk mengunggah pertanyaan melalui facebook, website seta media media lainnya. Nantinya anda akan mendapatkan link yang bisa anda bagikan ke responden.  Google form hanya memiliki versi gratis dengan pengajuan pertanyaan tidak terbatas namun dengan fitur yang terbatas.

2.      Surveymonkey

Platform survey online lainnya yaitu surveymonkey, namun berbeda dengan google docs, surveymonkey menyediakan dua versi yang bisa anda pilih yaitu gratis serta berbayar.  Untuk versi gratis anda hanya bisa membuat 10 pertanyaan dengan maksimal nilai respon di angka 100.  Sedangkan untuk layanan berbayar anda bisa membuat survey dengan jumlah yang tidak terbatas serta banyak fitur tambahan yang sangat lengkap dan akan sangat membantu survey yang anda berikan ke responden.

Surveymonkey juga memungkinkan anda untuk membagikan form survet elalui aplikasi facebook serta salesforce.  Salesforce sendiri adalah sebuah sistem manajemen hubungan pelanggan yang akan mengelola berbagai akun jejaring sosial, layanan pelanggan, manajemen penjualan serta melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk mendapatkan feedback tentang bisnis yang anda lakukan.  Anda pun dapat mengirimkan pertanyaan pada daftar pengguna surveymonkey yang lain yang mungkin tertarik dengan survey yang anda sebar.

Setelah menilat review serta pembahasan singkat tentang kedua platform survey online tersebut pastinya sudah menjawab pertanyaan anda tentang SurveyMonkey vs Google Forms. Kendati demikian kedua platform ini tentu memberikan anda kemudahan dalam membuat serta membagika survey online.